get app
inews
Aa Read Next : Libatkan Masyarakat, Kemenag Gelar Pengukuran Arah Kiblat Serentak pada 27 Mei 2024

Potret Pelayanan Jemaah Haji Lansia di Tanah Suci

Jum'at, 21 Juli 2023 | 16:31 WIB
header img
Jemaah haji saat berada di Masjidil Haram. (Foto: Ilustrasi/Kemenag)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan sudah memberikan pelayanan maksimal terhadap jemaah haji lansia mulai dari keberangkatan hingga di Tanah Suci. Bahkan para jemaah haji lansia disebut mereka tak khawatir selama menjalankan ibadah rukun Islam yang ke-5 ini.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk melayani para jemaah haji lansia itu adalah kebijakan ‘Haji Ramah Lansia’. Lewat kebijakan tersebut, para jemaah mendapat pelayanan tak terputus sejak dari Tanah Air, embarkasi, bandara keberangkatan, di dalam pesawat saat penerbangan, di bandara kedatangan, hotel di Makkah, Madinah, Arafah, Muzdalifah, Mina dan hingga di debarkasi saat kembali ke Indonesia.

"Saya menyaksikan sendiri begitu optimal dan besar manfaat dari kebijakan baru yang dicetuskan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tersebut. Di asrama haji, misalnya, jamaah yang masuk dalam lansia mendapat layanan prioritas seperti ketika menjalani pemeriksaan dokumen, kesehatan, masuk kamar dan lain sebagainya," ungkap Anggota Tim Pengawas PPIH Arab Saudi 1444 H Inspektorat Jenderal Kemenag, Wibowo Prasetyo dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Menurut Wibowo, selalu ada petugas kloter yang siaga memantau dan mendampingi mereka saat akan naik pesawat. Hal ini pun membuat jemaah terlihat lebih tenang sekaligus merasa sangat dihargai.

Pelayanan tak henti juga terlihat saat jemaah tiba di Arab Saudi, baik yang masuk lewat Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah (gelombang 1) dan Bandara King Abdul Aziz Jeddah (gelombang kedua). Di dua bandara ini jemaah dihadapkan banyak yang lelah, karena sebelumnya menjalani penerbangan panjang. Beberapa jamaah lansia pun menjadi kerepotan untuk berjalan, lebih-lebih harus menjalani berbagai pemeriksaan di bandara.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut