get app
inews
Aa Read Next : 3 Minuman Herbal Menyehatkan, Cocok untuk Berbuka Puasa

Gula Darah Naik? Minuman Sehari-hari Ini Ampuh Menurunkan Gula Darah dalam Beberapa Menit

Rabu, 16 Agustus 2023 | 16:56 WIB
header img
Minum teh dapat menurunkan gula darah yang naik dalam beberapa menit. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Cara mengurangi kadar gula darah tinggi dalam waktu singkat dapat dilakukan dengan mengonsumsi teh. 

Minuman ini terbukti secara dramatis mengurangi lonjakan gula darah setelah makan dan efeknya terlihat dalam beberapa menit. Kondisi kadar gula darah tinggi merupakan ancaman utama yang muncul akibat diabetes tipe 2.

Sebaliknya, dengan memperbaiki pola makan, Anda dapat melambatkan proses pemecahan makanan menjadi glukosa dalam darah dan mengatur kenaikan gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat meningkatkan pengendalian gula darah setelah makan. Dengan kata lain, mengonsumsi teh hitam dapat memperlambat laju kenaikan gula darah setelah makan dan efek ini tampak dalam beberapa menit.

Berita yang diambil dari Express, pada hari Rabu (16/8/2023), menyatakan bahwa temuan ini berasal dari penelitian yang dipublikasikan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

Studi tersebut mengamati dampak minum teh hitam terhadap gula darah setelah makan dan respons insulin, yaitu hormon yang bertugas mengatur gula darah setelah konsumsi sukrosa, pada subjek yang sehat dan pra-diabetes.

Sukrosa adalah jenis gula meja. Dalam penelitian ini, 24 subjek yang terdiri dari pria dan wanita berusia 20-60 tahun yang memiliki kondisi normal dan pra-diabetes diberikan larutan sukrosa dengan dosis rendah teh hitam, dosis tinggi teh hitam, atau minuman plasebo secara acak.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut