get app
inews
Aa Read Next : Penuhi Hak Pendidikan Santri, Ridwan Kamil: Ponpes Al-Zaytun Tak Akan Dibubarkan

31 Pejabat NII Al-Zaytun Kembali Setia ke NKRI, Cabut Baiat di Gedung Sate

Senin, 28 Agustus 2023 | 15:15 WIB
header img
Ponpes Al-Zaytun. Foto ilustrasi: Okezone

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat mencatat, ada sebanyak 31 orang anggota kelompok Negara Islam Indonesia (NII) Komendemen Wilayah (KW) 9 dan 7 di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu.

Kepala Badan Kesbangpol Jabar, Iip Hidajat memastikan, saat ini mereka telah bertaubat dan mengucap janji setia kepada NKRI. Adapun pencabutan bait ini berlangsung di Gedung Sate, Kota Bandung pada Minggu (27/8/2023) kemarin.

"Ini kan setelah kejadian Ponpes Al-Zaytun setelah Panji Gumilang sudah ditetapkan tersangka, ini ada beberapa komponen masyarakat yang sampai ke kami (datang), intinya bahwa mereka di NII tapi gak aktif, ada yang aktif juga, macam-macam," ucap Iip saat dihubungi, Senin (28/8/2023).

Sebelum mengungkap adanya anggota NII itu, kata Iip, Pemprov Jabar terlebih dahulu berkoordinasi dengan instansi terkait. Adapun penindakan juga dilakukan setelah banyaknya laporan dari masyarakat yang masuk ke Kesbangpol Jawa Barat. 

"Dari 31 orang itu kami dalami, kami dengan BNPT dan BIN, sampai waktunya kami lapor ke gubernur, beliau minta untuk segera, yang sudah siap agar kembali ke NKRI. Maka kemarin diadakan ikrar janji ke NKRI," ungkapnya. 

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut