get app
inews
Aa Read Next : Baznas Jabar Gelar Buka Bersama dan Pemberian Zakat Fitrah bagi Ratusan Ojol

Peduli Tenaga Kesehatan Honorer, Baznas Jabar Gratiskan Vaksinasi Hepatitis B

Kamis, 07 September 2023 | 10:40 WIB
header img
Peduli Tenaga Kesehatan Honorer, Baznas Jabar Gratiskan Vaksinasi Hepatitis B. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat menggelar program vaksinasi hepatitis B bagi 200 tenaga kesehatan honorer secara gratis. Hal itu merupakan wujud kepedulian Baznas Jabar terhadap masyarakat khususnya insan kesehatan.

Ketua Baznas Jabar, Anang Jauharuddin mengatakan, bahwa program vaksinasi yang berlangsung pada Selasa (5/9/2023) tersebut merupakan kolaborasi antara Baznas Jabar, Klinik Inggit Garnasih dan biofarma.

"Virus Hepatitis B (HBV) merupakan  penyebab  penyakit  infeksi  yang  masih  menjadi  masalah  kesehatan yang  serius dan dianggap sebagai penyebab utama penyakit hati kronis di seluruh dunia," kata Anang dalam keterangannya, Kamis (7/9/2023).

Anang menilai, risiko tenaga kesehatan tertular virus Hepatitis B adalah 10 kali lebih tinggi dibanding populasi umum. Penularan terbanyak pada tenaga kesehatan terjadi melalui cedera akibat tertusuk jarum suntik, atau benda medis tajam lainnya yang telah terkontaminasi darah pasien yang terinfeksi virus Hepatitis B. 

Saat ini, masih banyak tenaga kesehatan (nakes) berstatus non-ASN bekerja di puskesmas. Bahkan, masih ada nakes honorer di puskesmas yang bersedia bekerja secara sukarela atau dibayar seadanya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut