get app
inews
Aa Read Next : Ketua Kadin KBB Terpilih Ingin Gaspol, Tarik Investor Kembangkan Potensi dari Multi Sektor

Jabat Pj Bupati Bandung Barat, Ini Perjalanan Karir Mentereng Arsan Latif

Jum'at, 15 September 2023 | 13:23 WIB
header img
Inspektur IV Itjen Kemendagri Drs. Arsan Latif, MSi, CGCAE, CFrA, yang akan dilantik menjadi Pj Bupati Bandung Barat menggantikan Bupati Hengki Kurniawan. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.id - Inspektur IV Itjen Kemendagri Drs. Arsan Latif, MSi, CGCAE, CFrA, dipastikan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat menggantikan Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan yang berakhir masa jabatannya pada Rabu 20 September 2023 mendatang.

Hal itu setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-3741 Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Bandung Barat Provinsi Jawa Barat yang ditandatangani pada 7 September 2023.

Pria kelahiran Ujungpandang, Makasar 31 Maret 1969 ini diketahui memiliki pengalaman dan jabatan kerja yang mentereng. Sebelum ditunjuk sebagai Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif merupakan Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Direktorat Jenderal Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, dan Inspektur IV Itjen Kemendagri.

Putra Sidrap, Sulawesi Selatan ini meniti karir dari bawah sebagai pejabat sementara kepala kelurahan persiapan Uluale, Kecamatan Watang Pulu pada 4 November 1994. Kemudian menjadi Sekcam Panca Ruang, Kabupaten Sirendang Rappang (Sidrap) pada 21 Oktober 1997, karirnya terus moncer menjadi Staf Seksi Retribusi di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah.

Kemudian dia menjadi Staf pada Ditjen Bina Administrasi Keuangan Daerah, Kasi Aset pada Subdit Investasi, Usaha dan Aset Daerah Direktorat Administrasi Pendapatan dan Investasi Daerah Ditjen BKAD. Lalu jadi Kasubdit Investasi, Usaha dan Aset Daerah Direktorat Administrasi Pendapatan dan Investasi Daerah Ditjen BAKD, Kasubdit Pengelolaan Kekayaan Daerah Ditjen Keuangan Daerah, Kasubdit Pajak Daerah dan Retribusi di Ditjen Keuangan Daerah.

Kinerjanya yang baik menempatkan Arsan sebagai Kasubdit Pendapatan Daerah Wil II pada Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kasubdit Perencanaan Anggaran Daerah Wil II pada Ditjen Bina Keuangan Daerah, Plt Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah, hingga akhirnya kini menjabat Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Suami dari Sukmawati Sukma ini akan menambah daftar karirnya dengan menjabat sebagai Pj Bupati KBB terhitung sejak 20 September 2023. Dia akan dilantik bersama enam Pj Wali Kota dan Bupati lainnya di Jawa Barat yang masa jabatan bupati dan wali kota sebelumnya, yang juga masa jabatannya habis bersamaan.

Mereka adalah Gani Muhammad yang akan menjabat Pj Wali Kota Bekasi, Kusmana Hartadji Pj Wali Kota Sukabumi, Bambang Tirtoyuliono akan menjabat Pj Wali Kota Bandung, Herman Suryatman Pj Bupati Sumedang, dan Benny Irwan akan menjabat Pj Bupati Purwakarta. Bapak tiga anak ini juga pernah menyabet penghargaan bergengsi dari presiden.

Yakni Satyalancana Karya Satya X Tahun 2002, Satyalancana Karya Satya XX Tahun 2010, Satyalancana Karya Satya XXX Tahun 2022 tepat pada 30 tahun pengabdiannya. Tanda kehormatan tersebut diberikan pemerintah RI pada ASN yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus.

Arsan Latif menghabiskan masa kecil hingga menengah atas di Sidrap, Arsan pernah mengeyam pendidikan di SDN 3 Sidrap lulus tahun 1981, SMPN 1 Sidrap lulus tahun 1984 dan SMAN 2 Sidrap lulus tahun 1987. Selepas SMA, Arsan meneruskan pendidikan di  Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Manajemen Pembangunan Daerah lulus tahun 1997, serta meneruskan pendidikan S2 Magister Sains di Sekolah Tinggi Ilmu Adm Mandala Indonesia lulus tahun 2012.

Disela kesibukannya sebagai ASN, Arsan Latif juga dikenal sebagai penyayang binatang khususnya memelihara kucing. Selain itu, dia juga dikenal sebagai birokrat yang religius dan tercatat sebagai Ketua Pembina Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At-Taqwa di lingkungan rumahnya, Kecamatan Cilingcing, Jakarta Utara.

Arsan Latif akan menjadi Pj Bupati Bandung Barat yang kedua sejak daerah ini dimekarkan dari Kabupaten Bandung pada tahun 2007 lalu. Sebelumnya KBB pernah dipimpin oleh Pj Bupati Dadang Masoem tahun 2018 hingga akhirnya KBB dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati definitif Aa Umbara Sutisna dan Hengki Kurniawan.

Namun karena Aa Umbara terjerat kasus korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana COVID-19 pada 2021, Hengki menggantikannya sebagai Bupati Bandung Barat. Hengki dilantik oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada 7 November 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung. Hengki menjabat Bupati Bandung Barat definitif di sisa masa jabatan 2018-2023. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut