get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Wali Kota Cimahi Ini Tawarkan Solusi Atasi 7 Persoalan Besar Buruh

Kawasan Kumuh di Cimahi Masih Tersisa 151 Hektare

Rabu, 11 Oktober 2023 | 08:10 WIB
header img
Warga yang tinggal di kawasan kumuh. Foto ilustrasi/ANTARA

CIMAHI, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi terus berupaya untuk mengentaskan permasalahan kawasan kumuh yang hingga kini masih menyisakan 151 hektare. Kawasan kumuh tersebut berdampak terhadap persoalan lingkungan.

"Berbagai persoalan lingkungan terjadi, dalam proses penanganan bukan hal yang mudah. Bila sebatas mengandalkan Pemda akan sulit menyelesaikan persoalan kekumuhan," ucap Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan di gedung A Pemkot Cimahi, Selasa (10/10/2023). 

Menurut Dikdik, persoalan kawasan kumuh ini tidak bisa diselesaikan pihaknya saja tapi harus dilakukan secara lintas sektoral. Seperti Dinas Pemukiman dan Kawasan Perumahan (DPKP), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

"Harus saya sampaikan, bahwa persoalan kekumuhan ini harus diselesaikan secara multisektoral. Dari DPKP sudah membuat inovasi yaitu CLBK (Cimahi Luis Bebas Kumuh) jadi dengan konsep ini harapannya kekumuhan yang ada bisa ditangani dan tidak ada lagi muncul kekumuhan yang baru," katanya.

Berbicara soal hunian, faktor-faktor yang menjadi standar harus bisa menjadi pendoman. Kesehatan, pendidikan, dan lingkungan perlu menjadi perhatian utama.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut