get app
inews
Aa Read Next : Serba Bisa, Mahasiswa STiMB Sukses Produksi dan Pasarkan Musik Secara Mandiri

STiMB Wisuda 60 Sarjana, Senat Ingatkan Pentingnya Konsistensi dalam Berkarya

Rabu, 18 Oktober 2023 | 20:54 WIB
header img
Sekolah Tinggi Musik Bandung (STiMB) mewisuda sebanyak 60 sarjana. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sekolah Tinggi Musik Bandung (STiMB) mewisuda sebanyak 60 sarjana yang berlangsung di Hotel Prime Park, Kota Bandung, pada Rabu (18/10/2023). Acara wisuda ini juga sekaligus perayaan Dies Natalis STiMB yang ke-22.

Ketua Senat STiMB, Buky Wibawa mengatakan, jumlah sarjana musik di Indonesia masih terbilang sedikit dibandingkan dengan sarjana dari jurusan atau ilmu lainnya.

Menurutnya, hal tersebut berkaitan erat dengan adanya prasyarat yang melekat, yakni bakat musikal yang memang tak akan ada artinya jika tidak dibarengi ketekunan berlatih.

"Dunia industri musik sekarang terus berkembang seiring kemajuan teknologi yang terus melaju. Tantangan musisi saat ini tidak bisa lagi hanya mengandalkan bakat semata, melainkan perlu ditunjang oleh pengetahuan-pengetahuan lain, sehingga mampu bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan di ranah industri musik yang sudah serba digital," kata Buky.

Buky menilai, keuntungan dari perkembangan industri ini, keleluasaan pemasaran karya musik yang tidak terbatas. Di tengah persaingan yang semakin ketat, tentu dibutuhkan kemampuan kreativitas yang mumpuni.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut