get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilwalkot Bandung, Pengamat Ungkap Elektabilitas Arfi Rafnialdi Harus Diuji 

Elektabilitas Kalah dari Erick, Gibran Dinilai Tak Berniat Maju di Pilpres 2024

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 14:53 WIB
header img
Erick Thohir dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Instagram @erickthohir)

"Saya kira Erick Thohir telah mempersiapkan sejak dini akan ikut kontestasi dalam Pilpres 2024. Sehingga Erick Thohir memiliki basis dan elektabilitas yang tinggi itulah kemudian ketika berpasangan dengan Erick Thohir maka menambah elektabilitas Prabowo Subianto," kata Arif dalam Zoomeeting bertajuk 'Dilema Prabowo Subianto', Sabtu (21/10/2023).

Tak hanya itu, Arif mengatakan, faktor lain yang menyebabkan elektabilitas Prabowo menjadi tinggi saat disandingkan dengan Erick Thohir karena popularitas dari Ketua Umum PSSI tersebut.

"Faktor lainnya juga saya kira dari sisi jabatan mungkin Erick Thohir bisa memiliki jabatan publik karena itu dia memiliki panggung politik yang bisa dilihat oleh masyarakat yang akan menambah nilai popularitas maupun elektabilitas Erick Thohir," ungkapnya.

Di sisi lain, Arif juga menyinggung soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres-cawapres 40 tahun. Menurutnya, hal itu belum berdampak langsung bagi elektabilitas Gibran sendiri.

Ditambah lagi, pihaknya memandang jika putra sulung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut tidak berniat untuk maju dalam Pilpres 2024.

"Sejak awal Gibran ini tidak ada atau belum terlihat niat untuk maju dalam Pilpres. Kemudian baru belakangan ini disimulasikan dalam banyak survei saya kira bukan soal naik atau tidak tetapi Gibran pasca putusan MK memiliki elektabilitas yang memang belum tinggi tetapi bisa dikapitalisasi biar naik," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut