get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Singkat Hari Buruh 1 Mei, Diperingati di Seluruh Dunia

Sejarah dan Makna Keffiyeh, Pengikat Kepala Simbol Perjuangan Palestina

Jum'at, 03 November 2023 | 20:39 WIB
header img
Syifa Hadju menggunakan Keffiyeh. (Instagram @syifahadju)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Serangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina telah menelan banyak korban. Peristiwa ini pun menjadi perhatian utama masyarakat dunia. 

Banyak orang di belahan dunia sana yang bersatu untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Mereka turun ke jalan dengan membawa spanduk, poster bertuliskan 'Free Palestina' hingga bendera Palestina.

Tidak ketinggalan orang-orang yang memakai scarf kotak-kotak hitam dan putih yang disebut keffiyeh Palestina. Rupanya, kaffiyeh bukan sekedar kain biasa untuk menutup kepala tapi merupakan simbol perlawanan dan perjuangan masyarakat Palestina untuk melawan oposisi yakni Israel.

"Keffiyeh melambangkan 'perampasan, pemindahan sistematis, pembunuhan di luar proses hukum [dan] penindasan'," ucap Omar Joseph Nasser-Khoury, seorang perancang busana Palestina, dikutip dari The Guardian, Jumat (3/11/2023).

Mengutip dari Qatar Foundation, keffiyeh Palestina ini memiliki dominan warna putih dibanding hitam. Keffiyeh memiliki jaring motif kotak-kotak hitam yang tipis seperti jaring ikan. Ukuran keffiyeh sendiri cukup besar yakni 120x120 cm. Biasanya keffiyeh akan digunakan di kepala atau di leher.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut