get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 4 Kuliner Khas Kuningan, Ada Kwecang

Mitos Telaga Remis, Wisata Alam Kuningan yang Berasal dari Air Mata Pangeran Keraton

Rabu, 15 November 2023 | 12:54 WIB
header img
Mitos Telaga Remis, wisata alam Kuningan yang berasal dari air mata Pangeran Keraton. Foto: Ist

KUNINGAN, iNewsBandungRaya.id - Mitos Telaga Remis yang sedikit orang tahu. Nama Telaga Remis diambil dari dua kata yaitu telaga dan remis.

Telaga berasal dari bahasa Sunda yaitu danau sedangkan remis adalah sejenis kerang berwarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga dan disebut remis oleh masyarakat sekitar. 

Suasana asri bercampur dengan udara yang sejuk membuat Telaga Remis selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Namun disisi lain, siapa sangka jika terdapat mitos yang menceritakan awal terbentuknya telaga ini. Begini penjelasannya. 

Mitos Telaga Remis

Telaga Remis adalah destinasi wisata alam yang populer di Jawa Barat. Terletak di desa Kaduela Kuningan, kecamatan Mandirancan, kota Kuningan, Telaga Remis dikelilingi oleh kehijauan alam dan pemandangan yang menenangkan.

Air danau yang sejuk dan tenang menciptakan suasana yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Namun, di balik pemandangan indah ini, terdapat mitos yang memberikan kedalaman dan makna dari tempat ini.

Menurut mitos yang beredar, Telaga Remis dikaitkan dengan air mata Pangeran Keraton Cirebon. Konon, air mata Pangeran Keraton Cirebon yang jatuh saat tengah merasakan duka dan kesedihan setelah peperangan panjang menjadi sumber terbentuknya telaga ini.

Dahulu Keraton Cirebon yang dipimpin oleh Sultan Matangaji menolak untuk memberi upeti kepada Kerajaan Mataram. Sehingga diutuslah Pangeran Salingsingan dan anak buahnya. Namun sebelum sampai tujuan, rombongan ini bertemu dengan kelompok Pangeran Purbaya dari Mataram yang ingin menagih upeti. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut