get app
inews
Aa Read Next : Keren! Turtles Jr Jadi Band Indo Pertama yang Manggung di Hellfest 2024

Sejarah dan Asal-usul Sumedang, Dikenal sebagai Pusat Kerajaan

Kamis, 16 November 2023 | 13:16 WIB
header img
Sejarah dan Asal-usul Sumedang. (Foto: sumedangkab)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Kabupaten Sumedang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan kuliner khasnya yakni tahu.

Kabupaten Sumedang berada sekitar 45 kilometer sebelah timur laut dari ibu kota Provinsi Jabar, yaitu Kota Bandung. Kabupaten Sumedang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu, Majalengka, Garut, Subang, Bandung, dan Bandung Barat.

Kabupaten Sumedang juga merupakan bagian dari kawasan metropolitan Bandung Raya. Sama halnya dengan kabupaten lain yang ada di Indonesia, Sumedang juga mempunyai sejarah dan asal-usul yang menarik diketahui.

Sejarah dan Asal-usul Nama Sumedang

Sumedang dahulu merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sumedang Larang, yang bercorak Hindu. Kerajaan ini didirikan oleh Prabu Guru Adji Putih atas perintah Prabu Surya Dewata sebelum Keraton Galuh dipindahkan ke Pakuan Pajajaran, Bogor.

Nama Sumedang diambil dari nama kerajaan yang ada di kabupaten ini, yaitu Kerajaan Sumedang Larang. Seiring dengan perubahan zaman dan kepemimpinan, nama Sumedang mengalami beberapa perubahan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut