get app
inews
Aa Read Next : Survei GoodStats: Pria-Wanita Suku Sunda Dinilai Paling Ganteng dan Cantik di Indonesia

10 Fakta Unik Kampung Cikondang: Bangunan dari Material Alami Tahan Gempa, Jati Diri Orang Sunda

Sabtu, 18 November 2023 | 17:13 WIB
header img
Kampung Cikondang merupakan salah satu kampung tradisional yang masih menerapkan prinsip hidup berdasarkan tradisi dan budaya leluhurnya. Kampung Cikondang sudah ada sejak tahun 1800-an. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Fakta unik Kampung Cikondang merupakan salah satu kampung tradisional yang masih menerapkan prinsip hidup berdasarkan tradisi dan budaya leluhurnya. Kampung Cikondang sudah ada sejak tahun 1800-an.

Lokasinya sedikit terpencil yaitu di kawasan Lumajang, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sebagai salah satu kampung yang kental dengan budayanya, Kampung Cikondang memiliki beberapa fakta unik. Yuk, simak penjelasannya. 

10 Fakta Unik Kampung Cikondang 

1.Asal-usul Nama Cikondang 

Seperti yang kita tahu jika beberapa nama tempat di tatar Sunda banyak diawali dengan imbuhan ci-. Imbuhan ci- ini diambil dari bahasa Sunda yang artinya air. Namun berbeda dengan asal usul nama Cikondang. Kata ci- dalam kata Cikondang adalah aci atau hati. Sedangkan kondang memiliki arti terkenal atau tersohor. 

2.Gaya Arsitektur Rumah Adat Cikondang 

Rumah adat Cikondang material bangunannya terbuat dari bahan alami, seperti bambu, kayu, dan ijuk. Rumah adat ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu atap, badan rumah yang terletak di tengah dan bagian bawah atau kolong. Atap rumah adat Cikondang bergaya Julang Ngapak.

Sementara itu, bagian tengah rumah diberi dinding yang terbuat dari bilik bambu. Ruangan tengah ini punya beberapa ruangan, yaitu ruangan depan, ruang tengah yang terdapat hawu (tungku) dan goah atau pedaringan yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan.

Gaya arsitektur rumah adat yang berbentuk panggung ini secara keseluruhan menggambarkan bahwa masyarakat Kampung Cikondang berinteraksi langsung dengan Allah. 

Ini sejalan dengan prinsip orang Sunda yang sangat menjaga pola keseimbangan hubungan dengan Allah dan dengan makhluknya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut