get app
inews
Aa Read Next : Isi Liburan Imlek, Yuk Jajal Wahana Sky Ride di The Great Asia Afrika Lembang

Jelang Nataru, Disparbud Cek Fasilitas Penunjang untuk Keamanan Wisatawan di Objek Wisata

Jum'at, 08 Desember 2023 | 19:17 WIB
header img
Disparbud KBB melakukan monitoring dan memeriksa fasilitas penunjang di sejumlah destinasi wisata yang ada di kawasan Lembang untuk memastikan keamanan para wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru mendatang. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews Bandungaya.Id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan inspeksi fasilitas sarana prasarana (sapras) penunjang sejumlah destinasi wisata yang ada di kawasan Lembang.

Monitoring itu dilakukan untuk memastikan semua fasilitas di tempat wisata kondisinya aman dan siap dipergunakan menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Sehingga bisa terhindar dari insiden atau kejadian yang bisa menimbulkan korban jiwa dan materi.

Sejumlah destinasi wisata yang dipantau adalah The Great Asia Afrika (TGAA), Lembang Park and Zoo, Terminal Wisata Grafika Cikole, Orchid Forest, dan Dusun Bambu. Kemudian Sarae Hills, Maribaya Hot Spring Resort, Dago Dream Park, dan The Lodge Maribaya.

"Berdasarkan surat edaran Disparbud Jabar tentang imbauan persiapan Nataru, maka kami melaksanakan pemantauan dan melakukan langkah antisipasi pencegahan bencana khususnya pada daya tarik wisata yang rawan bencana," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), KBB, David Oot saat ditemui di The Great Asia Afrika, Lembang, Jumat 8 Desember 2023.

David mengatakan, pengawasan dan pembinaan destinasi wisata dalam rangka kesiapan menghadapi Nataru merupakan tupoksi Disparbud. Bersama pelaku wisata harus menjamin rasa aman dan nyaman dalam melayani wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata khususnya di daerah Lembang.

Disparbud memiliki tupoksi atas dasar Perda Penyelenggaraan Kepariwisataan dan Peraturan Menparekraf RI Nomor 4 Tahun 2021. Adapun usaha pariwisata terlebih yang berisiko agar dilengkapi dengan standar operational prosedur (SOP) dan juga pengawasan dalam operasional wahana.

Dia menjelaskan pemeriksaan dilakukan seperti untuk fasilitas Lift Gandola di The Great Asia Afrika, Jembatan Gantung di Sarae Hills, Funicular di The Lodge Maribaya, Wood Bridge di Orchid Forest, Rainbow Slide di Floating Market, dan wahana outbond di Terminal Wisata Grafika Cikole.

"Kami cek, untuk memastikan semuanya aman, agar kejadian seperti di Banyumas dan Bali tidak terjadi di wilayah KBB," ucap David.

Pada kesempatan yang sama Manager Operasional The Great Asia Afrika, Lembang, Wawan Gunawan mengatakan, selalu rutin secara berkala memeriksa keamanan lift Gandola.

Seperti pengecekan jalur lift, kondisi lift, membatasi pengguna maksimal 10 orang dari beban yang diperbolehkan 20 orang, serta mengingatkan pengguna tidak mengeluarkan anggota tubuh saat Gandola naik atau turun.

"Ada mekanik khusus yang stanby dari kami dan juga dari pihak rekanan penyedia untuk memastikan lift Gandola aman. Kalau ada trouble kita laporkan, tapi selama TGAA buka, bersyukur tidak ada kendala. Rutin kami periksa, bahkan setiap Selasa adalah hari khusus pengecekan," terangnya.

Secara umum, pihaknya sudah siap menyongsong wisatawan yang datang pada momen libur Natal dan Tahun Baru. Selain kesiapan fasilitas pendukung dan berbagai spot wahana negara-negara Asia Afrika yang bisa dikunjungi, ada juga wahana baru yang ditawarkan ke pengunjung berupa SkyRide.

"Itu wahana baru yang kami tawarkan, dan banyak dicoba oleh wisatawan yang datang," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut