get app
inews
Aa Read Next : Riset Suara UMK Negeri, 43 Persen Transaksi Pembelian Online adalah e-shopaholics

Dorong Penjual Fesyen Lokal, UKM Cirebon Diajak Bergabung di Kanal Harbolnas

Rabu, 13 Desember 2023 | 20:14 WIB
header img
Lazada Indonesia menjalin kerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMPP) Kota Cirebon untuk memberdayakan penjual lokal fesyen di momen Harbolnas. Foto/Istimewa

BANDUNG,Inews Bandungraya.Id - Lazada Indonesia menjalin kerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMPP) Kota Cirebon untuk memberdayakan penjual lokal fesyen binaan DKUKMPP Kota Cirebon.

Pada kerja sama ini, Lazada mendaftarkan ratusan UKM fesyen yang tergabung dalam Mall UKM Cirebon untuk memiliki toko digital dan berjualan di Lazada.

Kerja sama ini menegaskan komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital, serta memperluas kesempatan yang sama bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

“Lazada selalu berkomitmen untuk mendukung penjual lokal agar dapat menjangkau lebihbanyak konsumen di seluruh Indonesia melalui peningkatan penjualan di Lazada," kata Athina Tokan, Category Director Fashion, Lazada Indonesia, dalam keterangannya.

Menurutnya, lewatkolaborasi ini pihaknya juga bisa memberikan lebih banyak pilihan produk-produk asli Indonesia, terutama yang berasal dari Cirebon seperti batik dan kerajinan anyaman tas bagi konsumen.

"Kami berharap kehadiran UKM Cirebon di Lazada dapat memberdayakan para penjual lokal Indonesia, sehingga semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat luas," sambungnya.

Iing Daiman,S.IP., M.Si. selaku Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, mengapresiasi langkah yang diambil Lazada. Sebab banyak talenta-talenta pebisnis di Cirebon yang belum dikenal masyarakat luas.

Bersama Lazada yang memberikan penawaran kepada UMKMCirebon untuk dapat bergabung ke kanal ‘Harbolnas’, diharapkan dapat membuka peluang baru bagi para pelaku UMKM agar mendapatkan kemudahan akses untuk meningkatkan pemasaran produk mereka.

"Sehingga nantinya para UMKM ini dapat memperluas jaringan distribusi hingga ke seluruh Indonesia," kata dia.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, ada dua pelatihan yang dilakukan Lazada dan DKUKMPP Kota Cirebon untuk mengakselerasi para penjual lokal secara digital, pada bulan November yang lalu.

Yaitu Akselerasi Top Seller UKM dan UMKM dari wilayah Kota Cirebon, dimana Lazada berbagi tips memanfaatkan fitur-fitur dalam platform, hingga melihat peluang pasar bagi penjual di Cirebon yang sudah bergabung di Lazada.

Kemudian Mall UKM Cirebon Go Online. Pelatihan ini dihadiri ratusan UKM yang baru pertama kali berjualan secara online, sehingga pelatihan lebih berfokus kepada hal-hal dasar seperti menyiapkan foto produk yang baik serta memilih keragaman produk, sehingga toko menjadi menarik bagi konsumen.

Kanal Harbolnas untuk Meningkatkan Eksposur Penjual Lokal di Lazada Jelang akhir tahun 2023 ini, Lazada juga mendedikasikan satu kanal khusus bernama “Harbolnas” untuk mempromosikan berbagai produk lokal yang ada di Lazada.

Dalam kanal ‘Harbolnas’ terdapat ratusan UMKM fesyen termasuk Cirebon. Kanal ‘Harbolnas’ merupakan dedikasi Lazada kepada penjual lokal Indonesia dan banner kanal ‘Harbolnas’ ini dapat diakses pada laman utama aplikasi Lazada untuk memudahkan konsumen mengeksplorasi produk dari penjual-penjual lokal asli Indonesia.

Selama periode Lazada Fest 12.12 yang berlangsung dari tanggal 12-16 Desember 2023, terdapat promo spesial berupa voucher potongan harga hingga 50% khusus bagi konsumen yang berbelanja di kanal ‘Harbolnas’.

“Pada periode akhir tahun, biasanya antusiasme konsumen untuk berbelanja semakin tinggisehingga seluruh pelaku usaha pasti akan mempersiapkan pilihan produk beragam yang disesuaikan dengan tren yang ada dan memberikan penawaran terbaik. Ini dapat menjadi momen bagi penjual lokal Indonesia untuk semakinmengembangkan bisnis mereka,” tandas Athina. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut