get app
inews
Aa Read Next : Tak Berpuasa, Muhammadiyah Anjurkan Ibu Hamil dan Menyusui Cukup Bayar Fidyah

Abdul Mu'ti Sebut Demokrasi di Indonesia seperti Zombi: Berjalan Tanpa Ruh

Jum'at, 29 Desember 2023 | 14:41 WIB
header img
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. (Foto: Muhammadiyah)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyatakan, demokrasi di Indonesia adalah demokrasi zombi. Yaitu suatu proses demokrasi yang berjalan sesuai mekanisme yang ada tapi tidak memiliki ruh.

Meski Indonesia sudah enam kali menjalankan Pemilihan Umum untuk Presiden dan Wakil Presiden. Namun menurutnya, nilai substansial dari demokrasi di Indonesia masih belum ada.

“Jadi demokrasi kita istilahnya menjadi demokrasi zombi. Jadi demokrasi kita sekarang seperti demokrasi zombi, yang dia berjalan tanpa ruh. Dia berjalan karena itu mekanisme yang ada, tetapi ruhnya tidak ada,” ucap Abdul Mu’ti di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Karena demokrasi zombi ini masih berlaku di Indonesian, maka meski sudah enam kali Pemilihan Presiden dilewati oleh Indonesia, akan tetapi proses demokrasi tidak semakin maju, malah yang terjadi justru mengalami kemunduran.

Oleh karena itu, Abdul Mu’ti berharap, supaya media bisa memberikan resonansi yang lebih substantif kepada khalayak. Tidak lagi berkutat pada pemberitaan hasil-hasil survei saja, sebab menurutnya itu terlalu monoton.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut