get app
inews
Aa Read Next : Demokrat Ingin Dadang Supriatna-Ali Syakieb Dapat Nomor Urut 1 di Pilkada Bandung

Creavill, Mural Bandung, dan ITB Press Gelar VIRAL, Angkat Potensi Kampung Merak Dampit Bandung

Senin, 15 Januari 2024 | 18:29 WIB
header img
Komunitas Creavill, Mural Bandung, dan ITB Press melukis mural di Kampung Merak Dampit, Desa, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. (FOTO: ISTIMEWA)

Ketua Creavill Bandung Syifa Fauziah Azmi mengatakan, tujuan kegiatan VIRAL berbanding lurus dengan misi utama Creavill sebagai komunitas pemberdayaan masyarakat. Creavill ingin mengajak masyarakat di Kampung Merak Dampit, Desa Cimenyan mempromosikan desa dan lebih fokus ke potensi. 

"Kami ingin menunjukan potensi Desa Cimenyan. Seperti salah satunya bidang olahraga Voli. Sudah banyak piala yang diraih Desa Cimenyan, khususnya RW 15 ini raih dalam bidang olahraga voli," kata Ketua Creavill Bandung. 

Syifa menyatakan, potensi lain warga RW 15 Kampung Merak Dampit di bidang pertanian. Mayoritas warga RW 15 yang berprofesi sebagai petani. Hasil tani mereka banyak diekspor ke berbagai wilayah.

Creavill, ujar Syifa, mengajak warga untuk lebih peduli dengan lingkungannya sendiri salah satunya tidak membakar sampah, juga memberi edukasi untuk warga dan memberi pengarahan untuk bagaimana baiknya mengolah sampah. 

“Empat pilar yang disebutkan di atas, dari mulai olahraga, pertanian, lingkungan, hingga literasi, kemudian dituangkan dalam konsep karya mural hari itu lewat slogan JIMAT (Jujur, Iman, Mawas, Amanat, dan Taat) yang bisa dibilang menjadi pegangan warga RW 15,” ujar Syifa. 

Sementara itu, Arul dari Mural Bandung mengatakan, konsep karya mural yang mereka dibuat seusai slogan Jimat yang diterjemahkan dalam 4 pilar. Yaitu, Jimat Pustaka, Jimat Walagri (sehat dalam bahasa sunda), Jimat Agrikultur (pertanian), serta Jimat Lingkungan. 

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut