get app
inews
Aa Read Next : 34 WNA Ditangkal Masuk Jabar, Orang Malaysia Paling Banyak Langgar Aturan Keimigrasian

Ovarian Tissue Cryopreservation Harapan bagi Perempuan Pasien Kanker Jaga Kesuburan

Rabu, 31 Januari 2024 | 11:14 WIB
header img
Tim dokter di Sunfert menunjukkan hasil dari metode OTC. (Foto: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id -​​ Metode pengobatan reproduksi telah mencapai pencapaian luar biasa. Kini, melalui Ovarian Tissue Cryopreservation (OTC), perempuan pasien kanker dapat memiliki kesempatan untuk mempertahankan kesuburan.

Sunfert International Fertility Centre (Sunfert) adalah pusat kesuburan swasta pertama di Malaysia yang menawarkan layanan inovatif tersebut.

"Ovarian Tissue Cryopreservation adalah teknik revolusioner yang memainkan peran penting dalam menjaga kesuburan wanita pasien kanker. Dengan mempertahankan kemampuan mereka untuk memiliki anak di masa depan, para perempuan dan pasien muda ini dapat memberdayakan diri untuk mewujudkan impian memiliki keluarga saat mereka siap. Sunfert mampu mewujudkan impian mereka menjadi orang tua, bahkan saat menghadapi tantangan medis,” kata pendiri dan Direktur Sunfert Group Dr Wong Pak Seng.

Prosedur OTC, ujar Dr Wong Pak Seng, diperkenalkan di Denmark dan Eropa lebih dari 25 tahun lalu. Teknik inovatif ini melibatkan pengambilan seluruh ovarium serta pembedahan lapisan kortikal yang mengandung sel telur melalui prosedur laparoskopi. Salah satu keuntungan utama dari prosedur ini adalah tidak memerlukan obat-obatan, sehingga menghilangkan potensi efek samping atau komplikasi. Selain itu, OTC dapat dilakukan dengan cepat, hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit.

"Ovarium tersebut kemudian diangkat dan dibekukan dalam perangkat titanium khusus dan disimpan dalam tangki kriopreservasi pada suhu -190 derajat Celcius selama 10-20 tahun. Setelah pasien dinyatakan sembuh dari kanker dan siap untuk memulai sebuah keluarga, jaringan tersebut dapat ditransplantasikan kembali ke tubuh pasien," ujar Dr Wong Pak Seng.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut