get app
inews
Aa Read Next : 34 WNA Ditangkal Masuk Jabar, Orang Malaysia Paling Banyak Langgar Aturan Keimigrasian

Ovarian Tissue Cryopreservation Harapan bagi Perempuan Pasien Kanker Jaga Kesuburan

Rabu, 31 Januari 2024 | 11:14 WIB
header img
Tim dokter di Sunfert menunjukkan hasil dari metode OTC. (Foto: ISTIMEWA)

Associate Professor Dr Mohd Faizal bin Ahmad, Spesialis Kesuburan di Sunfert, mengatakan, OTC sangat cocok untuk gadis pra-pubertas yang mungkin didiagnosis menderita kanker, karena biasanya mereka kekurangan sel telur matang yang cocok untuk dibekukan. OTC juga merupakan pilihan bagus bagi wanita dalam usia reproduksi yang tiba-tiba didiagnosis menderita kanker dan perlu segera memulai perawatan kemoterapi atau radioterapi.

"Dibandingkan dengan metode alternatif seperti pembekuan embrio dan sel telur, OTC menawarkan prosedur yang tidak terlalu invasif dan lebih efisien dari segi waktu. Prosedur ini memungkinkan pasien kanker wanita untuk menjaga kesuburannya dan mempertahankan harapan mereka untuk memiliki anak di masa depan," kata Dr Mohd Faizal bin Ahmad.

Prosedur OTC di Malaysia, ujar Dr Mohd Faizal bin Ahmad, mempertahankan kesuburan pasien kanker muda merupakan sebuah terobosan revolusioner. Sunfert membuat kasus pertama di Malaysia dengan melakukan prosedur OTC jepada seorang gadis berusia 6 tahun yang didiagnosis menderita kanker neuroblastoma. Ini adalah kanker langka pada anak kecil yang menyerang sel saraf di kelenjar adrenal atau jaringan saraf di sepanjang tulang belakang, dada, perut, atau panggul.

Gadis kecil itu menjalani metode OTC di bawah bimbingan Associate Professor Dr Mohd Faizal. “Kami harus bertindak cepat karena pasien sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura. Kami menerapkan protokol ketat dan mengangkut jaringan ovariumnya pada hari yang sama dengan operasi. Perhatian utamanya adalah memastikan jaringan tidak rusak selama proses pengangkutan. Dengan bimbingan mentor saya dari Jepang, Profesor Nao Suzuki, kami merumuskan protokol sukses yang memungkinkan jaringan diangkut ke pusat dalam waktu 6 jam dengan aman, dan menjaga suhu -4 derajat Celcius,” kata Dr Mohd Faizal.

Orang tua dari pasien berusia 6 tahun tersebut termotivasi untuk menjalani prosedur preservasi kesuburan untuk putri mereka. Sebab, mereka menyadari betapa pentingnya menjaga opsi reproduksi masa depan putrinya.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut