get app
inews
Aa Read Next : 34 WNA Ditangkal Masuk Jabar, Orang Malaysia Paling Banyak Langgar Aturan Keimigrasian

Ovarian Tissue Cryopreservation Harapan bagi Perempuan Pasien Kanker Jaga Kesuburan

Rabu, 31 Januari 2024 | 11:14 WIB
header img
Tim dokter di Sunfert menunjukkan hasil dari metode OTC. (Foto: ISTIMEWA)

Mereka telah mempelajari prosedur OTC, termasuk antisipasi efek samping dan potensi kerusakan pada jaringan. “Saya berharap dengan meningkatnya kesadaran, semakin banyak orang tua yang menerima gagasan OTC dan potensi manfaatnya,” ujar Mohd Faizal.

Mohd Faizal menuturkan, menjaga kesuburan merupakan pertimbangan penting bagi pasien, terutama mereka yang termasuk dalam kelompok usia minoritas, yaitu di bawah 18 tahun, karena kanker dapat berdampak signifikan terhadap prognosis mereka.

“Kesadaran dini sangat penting karena kanker pada anak-anak telah menunjukkan tingkat kelangsungan hidup yang sangat baik, dengan lebih dari 70% pasien bertahan dari pengobatan kanker primer. Namun, kualitas hidup, khususnya dalam hal kesuburan, berpotensi menurun. Oleh karena itu, sangat penting untuk memprioritaskan pelestarian kesuburan untuk memastikan bahwa pasien memiliki kesempatan untuk memiliki anak di masa depan dan mempertahankan kualitas hidup yang lebih tinggi setelah menjalani perawatan," tuturnya.

Setiap tahun, kata Mohd Faizal, sejumlah besar wanita usia subur didiagnosis menderita kanker. Sekitar 15-20 persen dari diagnosis ini berhubungan dengan kanker hematologi. Sementara 10-15 persen disebabkan oleh kanker payudara. Kabar baiknya adalah kanker-kanker ini telah menunjukkan prognosis yang sangat baik berkat kemajuan dalam deteksi dini dan efektivitas pengobatan kemoterapi dan radioterapi. 

"Ini berarti semakin banyak perempuan yang dapat menerima intervensi medis tepat waktu, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pengobatan yang berhasil dan kelangsungan hidup jangka panjang," ucap Mohd Faizal.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut