get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan! Metro Indah Mall Gelar Pertunjukan Barongsai dan Gelagar Hadiah

Tradisi Pemberian Angpao: Inilah Etika Dalam Memberikan Amplop Merah

Rabu, 07 Februari 2024 | 13:14 WIB
header img
Ilustrasi Angpao. (Foto:Istimewa)

Pada tahun baru imlek, merupakan tradisi untuk memasukkan dan memberikan uang baru ke dalam amplop merah. Memberi uang kertas yang kotor atau kusut rasanya hanya tidak etis diberikan untuk hari sakral. Dan seminggu menjelang Tahun Baru Imlek, biasanya sudah banyak orang mengantri panjang di bank untuk menukarkan uang kertas lama dengan uang baru.

Menghindari Memberi Koin ke Dalam Amplop

Koin menurut pandangan budaya Tionghoa dianggap sebagai simbol keberuntungan yang kurang signifikan dalam konteks perayaan Imlek, karena uang kertas lebih representatif sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan yang lebih besar. 

Menghindari Jumlah Angka 4

Saat memberikan angpao dikaitkan untuk menghindari jumlah senilai 40 yuan atau 400 yuan. Angka ‘4’ dalam bahasa China terdengar seperti ‘kematian’, sehingga dianggap membawa sial. Angka genap, kecuali empat lebih dipercaya membawa kebaikan daripada angka ganjil. Hingga jumlah yang terbaik disarankan saat memberi angpao adalah dimulai atau diakhiri dengan delapan, seperti 800 yuan, karena dianggap meningkatkan keberuntungan.

Membawa Amplop Merah Selama 16 Hari

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut