get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan! Metro Indah Mall Gelar Pertunjukan Barongsai dan Gelagar Hadiah

Tradisi Pemberian Angpao: Inilah Etika Dalam Memberikan Amplop Merah

Rabu, 07 Februari 2024 | 13:14 WIB
header img
Ilustrasi Angpao. (Foto:Istimewa)

Disarankan untuk membawa amplop merah lebih dulu dan selalu bawa beberapa amplop selama 16 hari Tahun Baru Imlek (dari Malam Tahun Baru hingga Festival Lentera) sebagai pegangan kalau ada seseorang yang mungkin perlu diberikan amplopnya.

Memberikan Denominasi Berbeda

Disarankan memasukkan denominasi yang berbeda ke dalam amplop merah yang diatur berbeda sedemikian rupa sehingga bisa menjadi pembeda yang cepat dan bijaksana untuk membedakan apakah memberikan 100 yuan atau 1.000 yuan.

Demikian beberapa etika yang perlu dipatuhi saat memberikan amplop merah pada perayaan Imlek. Namun, tak ayal tradisi pemberian angpao juga memiliki aturan tertentu siapa yang bisa menerimanya. Yakni hanya diberikan pada anak-anak, orang lajang (orang dewasa yang belum menikah), dan pada anggota keluarga yang masih bersekolah atau tidak bekerja.

“Buat aku malahan kadang udah gak dapet atau nerima angpao, dapet mungkin kalau dikasih sama mamah papa sama kakak di rumah aja” kata Chelsea, salah satu mahasiswi Binus yang berketurunan Tionghoa. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut