get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Singkat Hari Buruh 1 Mei, Diperingati di Seluruh Dunia

Hari Pers Nasional 9 Februari, Ini Tema HPN 2024 dan Sejarah Singkatnya

Jum'at, 09 Februari 2024 | 09:44 WIB
header img
Hari Pers Nasional 2024. (Foto: Dok. Persatuan Wartawan Indonesia)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Setiap tahunnya, tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Peringatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI).

Peringatan Hari Pers Nasional tanggal 9 Februari sendiri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres R) Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional. Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Dilansir akun resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), tema HPN 2024 adalah 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa'.

Tema ini dipilih tentu dalam rangka pesta demokrasi dalam suasana Pemilu 2024. Hal ini dimaksudkan agar insan pers tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah kegaduhan situasi politik yang terjadi.

Sejarah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Hari Pers Nasional (HPN)

Sejarah peringatan Hari Pers Nasional berdasarkan sejarah berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tanggal 9 Februari 1946 silam. Meski begitu, sejarah lahirnya organisasi PWI bermula sejak masa pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut