get app
inews
Aa Read Next : Sekda Jabar Instruksikan Kepala Perangkat Daerah untuk Data Dampak Gempa Garut

Rawan Tersambar Petir, BPBD Imbau Masyarakat untuk Tunda Daki Gunung di Garut

Minggu, 25 Februari 2024 | 21:10 WIB
header img
Ilustrasi pendaki. Foto: Instagram @gunungcikuraygarut

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Memasuki puncak musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk menunda pendakian pada bulan Februari 2024.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Garut, Daris Hilman menyampaikan pendakian pada puncak musim hujan ini dinilai berbahaya, karena berisiko tersambar petir maupun potensi bahaya alam lainnya.

"Berdasarkan prediksi BMKG bahwa bulan Februari adalah puncaknya musim hujan, agar menunda dulu pendakian mengingat cuaca ekstrem ini sangat membahayakan bagi para pendaki," kata Daris, dikutip dari Antara, Minggu (25/2/2024).

Daris menuturkan selama beberapa hari ke belakang seringkali terjadi hujan dengan intensitas tinggi merata di Kabupaten Garut dan menyebabkan beberapa kejadian bencana alam seperti banjir dan longsor.

Selain itu, kata Daris, saat musim hujan ini seringkali terjadi petir yang bisa membahayakan masyarakat apabila berada di ruang terbuka. Apalagi di gunung dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut