get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Diimbau Aktif Memilah Sampah Mulai Dari Rumah

Inovasi Alat Pertanian Harus Menjangkau Seluruh Pelaku Usaha Tani

Selasa, 27 Februari 2024 | 13:41 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Lina Ruslinawati. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Komisi II DPRD Jabar menyoroti secara khusus soal pendistribusian alat pertanian hasil dari Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian masih belum maksimal. Sejatinya balai tersebut dapat memberikan manfaatnya secara langsung kepada masyarakat luas. 

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Lina Ruslinawati. Menurut Lina, pendistribusian hasil inovasi balai tersebut menjadi potensi yang positif bagi petani dan akan berdampak terhadap produksi pertanian di Jawa Barat. 

“Balai mekanisasi pertanian Jawa Barat ini cukup banyak inovasi nya hanya saja untuk perluasan ke masyarakat pelaku usaha tani jadi dirasa masih kurang, sehingga alat mesin pertanian ini hanya menjadi prototype saja, dan di lapangan petani juga harus diberikan bimbingan teknis untuk teknologi pertanian agar ilmu pertaniannya bisa upgrade," Ucap Lina, Selasa.

Selain itu, Lina juga mengatakan masih banyak alat mesin pertanian yang diciptakan berfokus pada lahan pertanian yang luas. Sedangkan lahan pertanian yang kecil masih belum bisa terakomodir dengan baik. Sehingga hal itu pun sangat patut untuk diperhatikan dari pemerintah.

“Dilapangan juga terdapat lahan pertanian yang luasnya kecil, akan tetap teknologi alat mesin pertanian banyaknya bertujuan untuk lahan pertanian yang besar. Kami mendorong kepada balai agar diciptakannya alat mesin pertanian untuk membantu petani yang memiliki lahan yang kecil," pungkas Lina.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut