get app
inews
Aa Read Next : Daftar Film Horor yang Tayang Selama Ramadhan

Catat, Amalan-amalan Ringan yang Pahalanya Besar saat Ramadhan

Senin, 04 Maret 2024 | 15:15 WIB
header img
Amalan-amalan Ringan yang Pahalanya Besar saat Ramadhan. Foto ilustrasi Dok iNews.id

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi setiap umat muslim. Keistimewaan bulan Ramadhan ini di antaranya dibukanya pintu surga, ditutupnya pintu neraka, hingga setiap ibadah yang dilakukan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Berbicara tentang ibadah, ada amalan-amalan ringan yang bisa dilakukan setiap muslim pada bulan Ramadhan. Meski tergolong amalan ringan, namun insya Allah akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Apa saja amalan ringan tersebut? Berikut ulasannya dikutip dari laman Muhammadiyah, Senin (4/3/2024).

1. Dzikir

Berdzikir tidak membutuhkan persiapan apapun, bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Serta mampu dilakukan sembari melakukan pekerjaan lain seperti bersih-bersih rumah, mengendarai kendaraan dan lain sebagainya. Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra’d: 28).

Sedangkan dalam sebuah hadits Dari Abdullah bin Busr –radhiyallahu ‘anhu-, bahwasanya seseorang berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya tuntutan dalam syari’at Islam sudah cukup banyak untukku, maka beritahukan padaku  tentang sesuatu yang aku (mampu) berpegang (konsisten) dengannya”. Lalu Beliau -shallallahu ‘alaihi wasallam– bersabda, “(Buatlah) lisanmu selalu basah  dengan berdzikir kepada Allah.” (HR. At-Tirmidzi).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut