get app
inews
Aa Read Next : Daftar Film Horor yang Tayang Selama Ramadhan

Catat, Amalan-amalan Ringan yang Pahalanya Besar saat Ramadhan

Senin, 04 Maret 2024 | 15:15 WIB
header img
Amalan-amalan Ringan yang Pahalanya Besar saat Ramadhan. Foto ilustrasi Dok iNews.id

2. Berakhlak Mulia

Akhlak mulia itu mudah disampaikan dan digambarkan, tetapi sulit dalam penerapan. Bagaimana menjadikan ucapan dari lisan, dan perbuatan agar selalu bernilai kebaikan dan tidak menyakiti orang lain.

Dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” (HR. Tirmidzi).

Di hadits yang lain, Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– juga bersabda, “Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian.” (HR. Tirmidzi).

3. Bersedekah Rutin Setiap Hari

Bersedekah dalam bentuk materi tentu membutuhkan modal berupa uang atau barang yang bisa disedekahkan. Akan tetapi itu tetap bisa terlaksana walaupun dengan nominal yang tidak banyak, tetapi dilakukan dengan rutin setiap hari.

Dalam sebuah hadits disebutkan dari Abu Darda’ –radhiyallahu anhu– Rasulullah –shallallahu ‘alayhi wa sallam– bersabda, “Setiap pagi yang dilalui seseorang, ada dua malaikat yang turun, yang pertama berdoa: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.’ Sementara yang kedua berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang pelit.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut