get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Luar Biasa Kurma Sebagai Menu Berbuka Puasa

Diet Seimbang Saat Puasa, Ini 6 Tips Untuk Tetap Sehat dan Terjaga Saat Ramadan

Minggu, 10 Maret 2024 | 11:28 WIB
header img
Makanan saat ramadan. (Foto: Umar Ben on Unsplash)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Sebagian orang memanfaatkan momentum puasa Ramadan untuk menurunkan berat badan. Saat bulan Ramadhan umat muslim akan berpuasa lebih dari 12 jam. Kondisi itu alhasil membantu mengatur pola makanan dan minum masuk ke tubuh.

Namun, diet saat puasa tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, ada berbagai strategi yang perlu diterapkan agar berat badan tidak kembali naik setelah puasa berakhir. Makan sembarangan dan  berlebihan saat sahur atau setelah berbuka puasa, bukan tidak mungkin berat badan justru bertambah meski sudah rutin berpuasa. Itu sebabnya ada sejumlah kiat yang perlu diterapkan agar diet  puasa Anda sukses.

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein dan Serat

Makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan membantu menjaga kenyang lebih lama selama puasa. Serat dari sayuran berdaun hijau seperti kol dan brokoli, buah-buahan, dan biji-bijian membantu menjaga pencernaan lancar dan mengendalikan nafsu makan. Mengonsumsi protein dan serat saat berpuasa  menekan hormon penyebab rasa lapar sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan cara ini, Anda bisa mencegah keinginan  makan berlebihan.

2. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut