get app
inews
Aa Read Next : Mendunia, Ini 4 Kopi Unggulan di Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Minum Kopi di Waktu Sahur, Apakah Aman?

Jum'at, 22 Maret 2024 | 19:52 WIB
header img
Kopi. (Foto: mdjaff on Freepik)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Minum kopi seringkali menjadi cara mudah untuk bangun tidur dengan perasaan mengantuk, terutama di malam dan pagi hari. Namun di balik kepraktisan tersebut terdapat fakta bahwa minum kopi saat sahur berdampak buruk bagi kesehatan dan kualitas puasa. 

Saat berpuasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman bergizi saat sahur agar  puasa berjalan lancar. Namun, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur, termasuk kopi. Ia bekerja sebagai “penguat” tetapi memiliki beberapa efek samping. 

Karena faktanya, meminum kopi saat sahur dapat meningkatkan risiko cepat lelah dan haus saat berpuasa sepanjang hari. Maka dari itu mempertimbangkan efek samping pada tubuh Anda dan keseluruhan pengalaman puasa menjadi pertimbangan serius.

“Mengkonsumsi kopi sebaiknya dilakukan saat berbuka puasa, karena kopi bersifat diuretik yang menyebabkan kita lebih banyak buang air kecil. Biasanya cairan tubuh akan berkurang, dan inilah yang akan menyulitkan saat puasa jika dikonsumsi sebaliknya.” ujar dokter spesialis gizi dari RS Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda, pada diskusi daringnya.

Kandungan kafein pada kopi  dapat mengganggu ritme tidur, sehingga menyebabkan gangguan pada pola tidur dan kualitas istirahat, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan dan kinerja mental secara keseluruhan  selama berpuasa setelah minum kopi di waktu sahur.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut