get app
inews
Aa Read Next : Smartfren Community Meriahkan Ramadan dan Lebaran 2024 dengan Program Santri Ngonten

5 Amalan Dapat Dilakukan oleh Wanita yang Sedang Haid di Bulan Ramadan

Senin, 25 Maret 2024 | 21:04 WIB
header img
5 Amalan Dapat Dilakukan oleh Wanita yang Sedang Haid di Bulan Ramadan. (Foto:shutterstock)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Dalam bulan suci Ramadan yang penuh berkah, umat Muslim di seluruh dunia berusaha meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Bagi wanita Muslim yang sedang mengalami haid, ada ketentuan khusus dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan yaitu dilarangnya berpuasa. Seperti pada hadits riwayat aisyah ra. “Dahulu kami mendapat haid pada masa Rasulullah SAW., lalu kami diperintahkan untuk mengqadha puasa Ramadan.”

Meskipun tidak diperbolehkan untuk berpuasa atau melakukan shalat fardhu, namun masih banyak amalan yang dapat dilakukan untuk tetap meraih keberkahan Ramadan. Dikutip dari laman resmi UIN Sunan Kalijaga, berikut amalan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid ketika bulan Ramadan.

1. Bersedekah

Pada bulan Ramadan, salah satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah bersedekah.banyak keutamaan yang didapatkan ketika kita melakukan sedekah seperti pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. dan dihapuskannya kesalahan-kesalahan. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 177.

“… dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta dan (memerdekakan) hamba sahaya”

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut