get app
inews
Aa Read Next : Pernah Tak Lulus SD dan jadi Tukang Cuci Steam, Bilal Sukarno Lulus Cumlaude IPK 3,87 di UPN Veteran

Kisah Muhammad Rakha, Usia 19 Tahun Tingkat Akhir S2, jadi Mahasiswa Termuda di ITB 

Selasa, 26 Maret 2024 | 11:28 WIB
header img
Muhammad Rakha Dizionario, mahasiswa tingkat akhir Teknik Geofisika di Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam usianya yang baru mencapai 19 tahun. Foto: ITB

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kisah inspiratif berasal dari Muhammad Rakha Dizionario, seorang mahasiswa tingkat akhir Teknik Geofisika di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan yang termuda dalam usianya yang baru mencapai 19 tahun.

Sebagai mahasiswa dari Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Angkatan 2020, Rakha menjadi yang termuda karena mengikuti program akselerasi sebanyak tiga kali.

Rakha mengikuti program akselerasi sejak SD, SMP, dan SMA, dengan mempercepat proses pembelajarannya selama satu tahun untuk setiap tingkatan. Pada masa SD dan SMP, keputusan untuk mengikuti program akselerasi didorong oleh dorongan orang tuanya.

Namun, pada saat SMA, Rakha mengambil inisiatif sendiri untuk tetap terlibat dalam program akselerasi karena merasa bertanggung jawab atas pilihannya sendiri.

Meskipun menghadapi program akselerasi di SD dan SMP tanpa kendala berarti, namun ketika SMA, dia harus mengorbankan partisipasinya dalam organisasi dan ekstrakurikuler karena jadwal belajarnya yang padat.

Beruntung, Rakha memiliki dukungan dari teman-teman dan lingkungan yang membantunya menjalani pendidikan dengan lancar. Akhirnya, Rakha berhasil diterima di ITB, perguruan tinggi impian melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Ketika memulai Tahap Persiapan Bersama (TPB), Rakha merasa agak kesulitan berinteraksi sosial karena merasa minder dengan perbedaan usia yang cukup signifikan dengan teman-temannya.

Namun, seiring waktu, setelah bergabung dengan jurusan dan himpunan mahasiswa, dia mulai mampu beradaptasi dan memiliki banyak teman karena tidak adanya perbedaan senioritas.

Dia juga aktif dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika "TERRA" di ITB, yang menjadi pengalaman baru baginya karena sebelumnya tidak aktif dalam organisasi saat SMA.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut