get app
inews
Aa Read Next : Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Ini Tiga Alasan Profesi Sekretaris Tak Dapat Tergantikan oleh AI

Rabu, 27 Maret 2024 | 10:35 WIB
header img
Alasan Profesi Sekretaris Tetap Eksis di Era AI. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pada era globalisasi dan perekonomian yang semakin maju ditandai dengan pesatnya kecanggihan teknologi. Kemajuan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindari dan telah banyak membantu dalam memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Namun, teknologi juga dapat mengancam lapangan pekerjaan yang selama ini ada di masyarakat. Menurut World Economic Forum (2023), teknologi kecerdasan buatan (AI) akan memengaruhi 83 juta lapangan pekerjaan dalam waktu lima tahun ke depan, salah satunya profesi sekretaris.

Direktur Akademi Sekretari Manajemen Taruna Bakti (ASMTB), Chandra Hendriyani mengungkapkan, pada faktanya berdasarkan analisa pada lapangan kerja yang sesungguhnya terutama di Indonesia, peran sekretaris di era modern ini lebih besar dari sebelumnya.

"Dan sekretaris sangat menentukan keberhasilan perusahaan dimana peran strategis sekretaris yang dituntut untuk lebih dominan dalam pekerjaannya di antaranya dalam mendampingi pimpinan dalam melaksanakan tugasnya dan membangun komunikasi secara internal maupun eksternal dengan relasi tidak akan tergantikan oleh kecanggihan teknologi yang dikenal dengan teknologi kecerdasan buatan (AI)," kata Chandra dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Chandra mengatakan, ada tiga alasan profesi sekretaris akan tetap eksis dan dibutuhkan pada setiap institusi/lembaga/perusahaan sehingga tidak mudah tergantikan oleh AI. Berikut adalah alasannya:

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut