get app
inews
Aa Read Next : 3 Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

Cegukan Saat Berpuasa? Ini 4 Cara Ampuh Mengatasinya Tanpa Minum

Rabu, 27 Maret 2024 | 13:00 WIB
header img
Ilustrasi Cegukan. (Foto: storyset on Freepik)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Cegukan merupakan fenomena yang seringkali muncul tanpa ada peringatan, bahkan saat kita sedang menjalani ibadah puasa. Meskipun minum biasanya menjadi cara paling instan untuk menghentikan cegukan, namun saat berpuasa, pilihan tersebut tidak tersedia.

Cegukan umumnya disebabkan oleh  kontraksi, regangan, dan spasme otot diafragma. Saat otot diafragma berkontraksi, udara terpaksa masuk ke tenggorokan dan mengenai area pita suara sehingga menyebabkan pita suara tiba-tiba menutup dan menyebabkan cegukan.

Biasanya, cegukan tidak dianggap sebagai kondisi medis yang membahayakan. Namun cegukan yang  terus-menerus tentu akan mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi ketika cegukan terjadi saat puasa dalam kondisi tenggorokan kering. Dan jika mengalami cegukan saat puasa, berikut adalah empat cara yang bisa dicoba tanpa membatalkannya:

1. Tahan nafas

Menahan napas adalah cara yang umum digunakan untuk mengatasi cegukan. Ketika Anda menahan napas, kontraksi otot-otot diafragma menjadi terkendali, yang bisa membantu menghentikan cegukan.

Cobalah untuk menahan napas selama mungkin, dan perlahan-lahan hembuskan udara dari paru-paru Anda. Ini membantu menstabilkan ritme pernapasan dan mengurangi cegukan. Tahan nafas 10 hitungan lambat, lalu hembuskan perlahan seperti biasa dan ulangi 3-4 kali setiap 20 menit atau hingga cegukan mereda.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut