get app
inews
Aa Read Next : 3 Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

Cegukan Saat Berpuasa? Ini 4 Cara Ampuh Mengatasinya Tanpa Minum

Rabu, 27 Maret 2024 | 13:00 WIB
header img
Ilustrasi Cegukan. (Foto: storyset on Freepik)

2. Tekan hidung dan gerakan menelan

Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan menekan hidung Anda dan melakukan gerakan menelan secara berulang. Dengan menekan hidung, Anda memicu respon yang membuat tenggorokan terbuka, dan gerakan menelan membantu menstabilkan kontraksi otot-otot yang bertanggung jawab atas cegukan.

3. Menutup kedua telinga

Beberapa orang menemukan bahwa menutup kedua telinga mereka dengan telapak tangan dapat membantu mengatasi cegukan. Ini dapat mempengaruhi ritme pernapasan dan memberikan rangsangan yang dapat menghentikan cegukan. Dengan menutup kedua telinga dengan kedua tangan selama 20 detik untuk mengirimkan sinyal relaksasi dari otot ke bagian diafragma.

4. Memijat area leher

Memijat area leher, terutama di sekitar daerah tenggorokan dan belakang leher, dapat membantu meredakan ketegangan pada otot-otot yang terlibat dalam proses pernapasan. Pijatan yang lembut dan terarah dapat membantu meredakan cegukan dengan merilekskan otot-otot yang tegang.

Caranya dengan meletakkan kedua jari tangan tepat di arteri karotis, lalu lakukan pijatan lembut dengan cara memutar berlawanan jarum jam, dan lakukan selama 5 detik hingga cegukan hilang. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut