get app
inews
Aa Read Next : Memasuki Kemarau, BPBD Kabupaten Bandung Ingatkan Warga Tak Bakar Sampah Sembarang

Ibu dan Dua Anak yang Tertimbun Longsor di KBB Teridentifikasi, Ada Empat Jasad Ditemukan

Rabu, 27 Maret 2024 | 15:20 WIB
header img
Proses pencarian korban yang tertimbun tanah longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, KBB, terus dilakukan karena masih ada enam warga yang dilaporkan hilang. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Petugas gabungan terus berupaya melakukan pencarian warga yang tertimbun bencana tanah longsor.

Pasalnya longsor yang melanda Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu 24 Maret 2024 malam, telah menimbun sekitar 10 warga.

Sejauh ini petugas berhasil mengidentifikasi tiga jasad yang berhasil ditemukan dan diangkat dari lokasi longsor di Kampung Gintung, RT 03/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, KBB.

Mereka ditemukan petugas Tim SAR gabungan pada Selasa 26 Maret 2024 siang dengan waktu yang berbeda namun di lokasi yang hampir berdekatan di worksheet A atau zona 1 pencarian.

Yakni anak-anak berjenis kelamin perempuan ditemukan pukul 11.54 WIB. Kemudian anak-anak berjenis kelamin laki-laki ditemukan pukul 12.23 WIB, serta satu orang dewasa berjenis kelamin perempuan ditemukan pukul 12.56 WIB.

"Jasad perempuan dewasa diketahui bernama Lastri (33 tahun), yang kedua Nurlatifah (8 tahun) dan yang ketiga Diki Saputra (4 tahun)," terang Kepala Seksi Operasi dan Siaga pada Basarnas Bandung, Supriono, kepada wartawan Selasa 26 Maret 2024.

Menurutnya, Tim Post Mortem DVI Polda Jabar telah menyampaikan hasil pemeriksaan post mortem terhadap tiga orang korban longsor yang telah ditemukan. Berdasarkan data yang ada di posko pengungsian, tiga jasad itu diketahui merupakan ibu dan dua anaknya.

"Mereka adalah ibu dan anak-anaknya, saat kejadian ketiganya sedang berada di rumah," sebutnya.

Sementara dari hasil pencarian lanjutan yang dilakukan, berhasil kembali ditemukan satu jasad lain yang ditemukan pada pukul 16.52 WIB.

Jasad tersebut berjenis kelamin perempuan dan berusia dewasa. Untuk saat ini masih menjalani identifikasi di RSUD Cililin.

Upaya pencarian para korban yang tertimbun dilakukan secara manual dengan cara disemprot dengan mesin pompa. Para petugas sampai saat ini masih terus melakukan upaya pencarian dan penyelamatan.

Sementara itu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Suheri menyebutkan, korban terdampak bencana tanah longsor mencapai 429 jiwa atau 115 Kepala Keluarga (KK). Jumlah itu masih fluktuatif dan bisa bertambah.

"Mereka warga yang semuanya dari empat RT di RW 07, Kampung Gintung. Selain itu ada 10 orang yang tertimbun dan masih dalam pencarian," sebutnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut