get app
inews
Aa Read Next : Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H

Antisipasi Bencana saat Mudik Lebaran, BPBD Sumedang Siagakan Alat Berat dan Perahu Cepat

Jum'at, 29 Maret 2024 | 10:15 WIB
header img
BPBD Sumedang Siagakan Alat Berat dan Perahu Cepat Saat Mudik Lebaran. (Foto: Dok. Sindonews)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang telah memetakan sejumlah titik rawan bencana longsor maupun pohon tumbang, sebagai persiapan jelang arus mudik dan balik lebaran 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, selain jalur Cadas Pangeran, jalur mudik yang rawan bencana alam adalah jalan raya Wado-Malangbong.

"Setelah pemangkasan pohon, nanti kami siagakan alat berat di Cadas Pangeran. Kemudian untuk jalan Wado-Malangbong juga sangat rawan bencana karena tingkat kemiringan jalan sangat ekstrem, dan tingkat lekukan jalannya juga sangat ekstrem," ucap Atang, Kamis (28/3/2024).

Kemudian, jalur lainnya yang menjadi perhatian yakni jalan Rancakalong-Subang. Dikatakan Atang, jalan Rancakalong-Subang kerap terjadi peningkatan volume kendaraan saat arus mudik dan balik lebaran.

"Kami sudah lakukan assessment, mukai dari daerah Paniisan itu rawan longsor dan pohon tumbang. Kemudian di Ujungjaya itu rawan banjir, kami tempatkan beberapa perahu untuk mengantisipasi jika terjadi banjir," katanya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut