get app
inews
Aa Read Next : Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H

Cuaca Ekstrem Diprediksi Masih Terjadi, Ini 9 Tips Agar Perjalanan Mudik Aman

Jum'at, 29 Maret 2024 | 16:10 WIB
header img
Ilustrasi Mudik. (ShutterStock)

7. Pastikan kendaraan siap digunakan

Jika ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka harus dicek terlebih dahulu hingga dapat dipastikan kendaraan siap digunakan untuk mudik ke kampung halaman.

"Jika akan melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi, maka yang harus diperhatikan oleh calon pemudik lebaran adalah, pastikan kendaraan dalam bener-benar kondisi prima dan siap digunakan," jelas Ali Yusuf.

8. Memahami rute perjalanan

Pemudik juga diharapkan memahami rute perjalanan sekaligus memastikan keamanan rute yang akan dilalui. Selain itu, pemudik hendaknya menunda perjalanan jika kondisi cuaca buruk dan tidak aman.

Lalu wajib mematuhi aturan lalu lintas, menghindari membawa penumpang dan barang berlebihan, serta memastikan beristirahat di lokasi yang aman saat perjalanan.

9. Tips bagi pemudik di kapal laut

Ali Yusuf juga memberikan tips bagi calon pemudik Lebaran yang akan menggunakan transportasi kapal laut. Beberapa langkah yang harus diambil adalah memantau informasi prakiraan cuaca dari BMKG sebelum melakukan pemesanan tiket, menunda perjalanan jika kondisi cuaca buruk dan tidak aman.

Kemudian harus memastikan moda transportasi yang akan digunakan memenuhi standar keamanan dan keselamatan, memastikan rute perjalanan yang akan dilalui dalam kondisi aman, menghindari membawa barang berlebihan, dan menghindari memperlihatkan barang-barang berharga yang mencuri perhatian.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut