get app
inews
Aa Read Next : Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Catatkan Kinerja Positif, BPR Syariah Mantapkan Diri Jadi Sahabat UMKM

Rabu, 03 April 2024 | 22:56 WIB
header img
Ketua Umum Kompartemen BPR Syariah Asbisindo Cahyo Kartiko. (Foto:Istimewa)

Selanjutnya, kata Cahyo, adalah menyusun model bisnis yang menawarkan produk dan layanan yang memiliki value syariah tinggi dan inovatif dengan mengutamakan nasabah UMKM berbasis komunitas melalui berbagai bentuk kolaborasi.  

"Kolaborasi yang dilakukan pada hari BPR SYARIAH antara Kompartemen BPR SYARIAH Asbisindo dengan Para Stakeholder UMKM untuk Bersama-sama melaksanakan kegiatan sosialisasi, edukasi, literasi keuangan syariah dan penguatan umat serta pemberdayaan usaha mikro dan kecil di Indonesia " katanya.

Cahyo menegaskan, penguatan ummat dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil  juga merupakan salah satu bentuk dukungan dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi nasional yang stabil dan berkelanjutan serta merupakan perwujudan pelaksanaan program sosialisasi, edukasi & literasi perbankan syariah di tanah air.

Disinggung tentang Tasyakuran Hari BPR SYARIAH yang diperingati setiap 17 Ramadan dimana tahun ini bertepatan dengan tanggal 3 April 2024, Cahyo menuturkan Tanggal 17 Ramadhan dipilih sebagai Hari BPR SYARIAH karena memiliki makna historis yang sangat kuat bagi BPR SYARIAH yakni pada tanggal tersebut bersamaan dengan diturunkannya ayat al quran yang pertama kali oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad dan juga bersamaan dengan tanggal berdirinya Asosiasi Bank Syariah Seluruh Indonesia (Asbisindo) pada tanggal 17 Ramadhan 1412 H /31 Maret 1992 di Kota Bandung oleh 5 BPR SYARIAH yang menjadi assytirull al awalin dari industri BPR SYARIAH di tanah air. 

Menurutnya, tasyakuran Hari BPR Syariah juga, merupakan salah satu bentuk dari rasa Syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah kita terima diantaranya adalah pertumbuhan industri BPR Syariah di tanah air yang menggembirakan. 

"Kali ini kita mengambil tema Membangun Sinergian Mengakselerasi Pertumbuhan BPR Syariah dalam menghadapi Tantangan Era Digital dan Pasca Pengesahan UU P2SK”, katanya.

"Alhamdulillah tasyakuran Hari BPR SYARIAH tahun ini telah diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang meliputi  Tabligh Akbar bersama Ustadz Aam Amirudin, kemudian pemasangan Spanduk Milad di seluruh jaringan kantor BPR SYARIAH, bakti Sosial Milad Hari BPR Syariah dan Jamaah Tilawah / Khotmil Qur’an," katanya.

"Atas nama pengurus Kompartemen BPR SYARIAH Perkumpulan Asbisindo kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah baik pusat maupun daerah, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia , 

ICMI, Majelis Ulama Indonesia, KNEKS, Lembaga Penjamin Simpanan, Bank Umum  Syariah/UUS dan Lembaga-Lembaga Pendidikan, Hipmikindo serta rekan-rekan dari media yang telah berjuang bersama-sama memajukan ekonomi syariah di tanah air," katanya. 

Tak lupa, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu Pengurus DPP dan DPW Kompartemen BPR SYARIAH Asbisindo, Wabil khusus kepada Pak Roni Pahrul sani beserta Panitia Pelaksana dari Kompartemen BPR SYARIAH Asbisindo DPW Jawa Barat yang telah mempersiapkan acara tasyakuran Tasyakuran hari BPR SYARIAH tahun 2024 ini dengan sangat baik. 

"Juga kepada Keluarga Besar BPRS HIK Parahyangan yang berkenan menjadi shohibul bait acara Tasyakuran ini. Direksi, Komisaris dan pemegang saham BPR SYARIAH seluruh Indonesia yang telah bersedia menginfakkan waktu, tenaga dan biaya dalam mendukung pelaksanaan program-program kerja Kompartemen BPR SYARIAH baik di pusat maupun di daerah," pungkasnya.  (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut