get app
inews
Aa Read Next : Terekam CCTV, Pelaku dan Korban Pembunuhan Wanita Dalam Koper Masuk Hotel di Bandung

Catatkan Kinerja Positif, BPR Syariah Mantapkan Diri Jadi Sahabat UMKM

Rabu, 03 April 2024 | 22:56 WIB
header img
Ketua Umum Kompartemen BPR Syariah Asbisindo Cahyo Kartiko. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) terus berkomitmen memantapkan menjadi sahabat para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Data kinerja BPR Syariah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2023 lalu, ekonomi dan keuangan syariah Indonesia mencatat pertumbuhan positif.

Pertumbuhan ini didukung oleh sektor unggulan Halal Value Chain (HVC) yang tumbuh sebesar 3,93 persen (yoy). Dimana Sektor HVC, yang mencakup pertanian, makanan minuman halal, Pariwisata Ramah Muslim (PRM), dan fesyen muslim ini memberikan kontribusi hampir 23 persen terhadap ekonomi nasional.

"Selama dua dekade pengembangan keuangan syariah nasional, sudah banyak pencapaian kemajuan, baik dari aspek kelembagaan dan infrastruktur penunjang, perangkat regulasi dan sistem pengawasan, maupun awareness dan literasi masyarakat terhadap layanan jasa keuangan syariah,"  kata Ketua Umum Kompartemen BPR Syariah Asbisindo Cahyo Kartiko dalam kegiatan tasyakuran Hari BPR SYARIAH tahun 1445 H di Bumi HIK Parahyangan Bandung. Rabu (3/4/2024).

Cahyo menuturkan, tahun lalu aset BPR Syariah secara nasional telah bertumbuh 14,98% menjadi Rp. 23,18 trilyun yang didukung oleh pertumbuhan Pembiayaan yang berhasil disalurkan kepada Masyarakat sebesar 17,84% menjadi Rp. 17,03 triliun dan Dana Pihak Ketiga tumbuh 13,56% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Disamping itu, beberapa indikator  keuangan juga menunjukkan kinerja yang baik, dimana rasio kecukupan permodalan mencapai 23,21%, rasio NPF 6,49% dan rasio rentabilitas BOPO sebesar 85,79%," kata Cahyo.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut