get app
inews
Aa Read Next : Komisi III DPRD Jabar Harap Sektor Pendapatan Jadi Perhatian Pemprov

Pemkab Sumedang Ajukan Bantuan 230 Pompa Air untuk Tingkatkan Produksi Padi

Jum'at, 19 April 2024 | 09:25 WIB
header img
Ilustrasi pertanian. (Foto: Ist)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang akan mengusulkan 230 unit pompanisasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa barat dan ke Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Plh Pj Bupati Sumedang, Tuti Ruswati mengatakan, hal ini untuk mendukung program swasembada pangan di Jabar. Nantinya, 2.200 hektare sawah di Kabupaten Sumedang bakal diairi pompanisasi.

"Program pompanisasi difasilitasi Pemprov Jabar. Tahun ini Pemprov Jabar telah menargetkan swasembada pangan terbaik di tingkat nasional," ucap Tuti saat mengikuti Rakor Ketahanan dan Produktivitas Pertanian di Aula Barat Gedung Sate, Kamis, (18/4/2024).

Kawasan pertanian di Sumedang yang kesulitan air berada di wilayah Kecamatan Ujungjaya dan Tomo. Padahal, di kedua kecamatan itu dilintasi Sungai Cimanuk dan Sungai Cilutung.

Namun secara geografis aliran Sungai Cimanuk dan Cilutung itu lebih rendah dari kawasan persawahan sehingga untuk pengairan dibutuhkan pompanisasi. Air dari sungai dipompa di dialirkan ke sawah-sawah.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut