get app
inews
Aa Read Next : Sidang Paripurna DPRD Jabar Tetapkan Perda Kepariwisataan

Pansus I DPRD Ingatkan Kinerja BUMD yang Tak Optimal

Rabu, 15 Mei 2024 | 12:48 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru'yat. (Kanan). (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id -  Panitia Khusus I DPRD Jawa Barat menyoroti pencapaian kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat. Khususnya yang belum mencapai target maksimal sesuai dengan perencanaan yang telah disampaikan.

Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru'yat menyebutkan, dalam LKPJ 2022 yang lalu sudah direkomendasikan proyek strategis di tahun 2023 dan mendorong agar di bentuk di pansus tentang BUMD. 

Pasalnya, hingga kini masih ada BUMD yang belum optimal dalam pelaksanaanya dan menjadi beban anggaran yang signifikan lantaran dari tahun ke tahun terus mengajukan penyertaan modal. Karena itu, DPRD dalam hal ini Pansus I ingin mengetahui sejauh mana kesehatan BUMD Jawa Barat secara keseluruhan. 

"Kami ingin mendengar kesehatan dari BUMD secara menyeluruh, karena dalam diagnosa itu untuk mewujudkan pembangunan Jawa Barat BUMDnya harus sehat. Apalagi, PAD Jabar akan berkurang sebesar Rp 1.8 T lantaran didesentralisasikan kepada kabupaten kota," ujar Achmad Ru'yat, Rabu, (15/5/2024).

Hal serupa diungkapkan anggota Pansus I DPRD Provinsi Jawa Barat, Yod Mintaraga. Menurut Yod, Tahun 2025 mendatang ada kebijakan desentralisasi pendapatan yang porsinya lebih besar ke kabupaten kota. 

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut