get app
inews
Aa Read Next : Donald Trump Alami Insiden Penembakan saat Kampanye, Luka di Bagian Telinga

Lewat Eksistensi BUMDes dan BUMDesma, Sekda Herman Ingin Berantas Bank Emok

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:15 WIB
header img
Sekda Jabar, Herman Suryatman. (Biro Adpim Jabar)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mendorong badan usaha milik desa (BUMDes) dan badan usaha milik desa bersama (BUMDesma) di 18 kabupaten terus menguatkan eksistensinya guna menyelamatkan masyarakat dari jerat rentenir atau bank emok

Sekretaris (Sekda) Jabar, Herman Suryatman mengatakan, BUMDes dan BUMDesma dapat menjadi solusi konkret menghindarkan masyarakat dari jebakan rentenir, dengan cara menyediakan kegiatan simpan pinjam produktif yang rendah bunga. 

"Salah satu potensi bisnisnya adalah simpan pinjam, tentu dengan jasa yang kompetitif, karena modalnya juga modal bersama. Ini stimulus dari pemerintah dan modal masyarakat yang dikelola oleh BUMDes BUMDesma," ucap Herman pada kegiatan 'Penguatan BUMDes/ BUMDesma bersama Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKPD)', di Grand Sunshine Kabupaten Bandung, Senin (13/5/2024).

Sekda menilai, sejatinya masyarakat sudah tahu risiko jika meminjam uang ke bank keliling atau rentenir. Hanya saja, karena desakan kebutuhan dan persyaratan yang sangat mudah, bank emok kerap menjadi pilihan relistis. 

"Bandingkan dengan koperasi, Bumdes atau Bumdesma, apalagi bank, dalam proses pinjam uang membutuhkan syarat - syarat yang dianggap menyulitkan nasabah," ujarnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut