get app
inews
Aa Read Next : Satgas Sektor 6 Selesai 2025, Sekda Herman Harap Warga Jaga DAS Citarum

Dinilai Gagal, Aktivis Lingkungan Minta Jangan Ada Citarum Jilid II

Rabu, 22 Mei 2024 | 19:06 WIB
header img
Aktivis Lingkungan menyuarakan kegagalan dan meminta program Citarum Harum tidak dilanjutkan dengan menggelar aksi unjuk rasa didepan kantor Gubernur Jabar, Kota Bandung, Rabu (22/5/2024). (Foto:Abdul Basir)

Menurutnya, selain bencana Ekologis, kondisi tersebut diperburuk dengan kurangnya sosialisasi serta sikap tegas dari aparat penegak hukum untuk menertibkan para pelaku pencemar dan pelaku perusak Citarum.

“Lemahnya upaya edukasi kepada masyarakat dan Industri dalam mengelola limbah baik Limbah B3, Limbah Peternakan dan Limbah sampah Domestik, pencemaran ini yang menjadi alasan kuat penyebab ketidaklayakan kualitas air sungai Citarum, serta timbulnya permasalahan lain yaitu masalah kesehatan yang terjadi di wilayah tersebut,” tandasnya.

Sungai Citarum adalah sungai terpanjang di Jawa Barat, sungai ini menjadikan sumber penghidupan bagi warga sekitar sungai lebih jauhnya memiliki fungsi utama bagi rakyat Jakarta. Secara administrasi Kabupaten Bandung , kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat sebagai wilayah hulu yang memiliki peran vital dalam proses perbaikan sungai Citarum 

Ke empat wilayah tersebut selama ini hanya dapat memunculkan dampak, mulai dari masalah Pencemaran, Sampah, kerusakan lahan kritis di hulu dan di sempadan sungai, serta disertai dengan berbagai bencana baik pada saat kemarau maupun pada saat musim hujan. 

“Memasuki momentum bulan mei ini kami mendesak secara keras agar pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat menetapkan juga tanggal 24 Mei sebagai Hari Citarum, sikap ini menjadi penting dapat diambil oleh Gubernur Jawa Barat sebagai wujud penghormatan bahwa sungai merupakan aspek penting dalam berkehidupan,” tandas Wahyu. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut