get app
inews
Aa Read Next : Bentuk Kesadaran Bersama, Ilmu Komunikasi Fisip Unpas Sebar Sapi Kurban untuk Warga Cimahi

Gen Z Pemilih Terbesar di Pilkada Serentak 2024, Berperan Penting Tangkal Hoaks-Polarisasi

Kamis, 23 Mei 2024 | 11:17 WIB
header img
Gen Z berperan penting dalam menangkal hoaks dan polarisasi saat Pilkada Serentak 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan (Unpas) Bandung Tresia Wulandari mengatakan, sosialisasi untuk menangkal hoaks sangat penting diberikan kepada masyarakat, khususnya bagi Gen Z.

"Para pemilih pemula, kata Tresia, memiliki peran penting saat ini untuk menciptakan Pilkada Serentak 2024 penuh makna, berkualitas, dan damai," kata Tresia, Kamis (23/5/2024).

Dari hasil survei, ujar Tresia, saat ini generasi milenial dan Gen Z menjadi kelompok pemilih dengan proporsi terbesar di Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024.

"Pemilih pemula atau first time vooters memiliki peran penting dalam menciptakan pemilu penuh makna dan berkualitas. Survei menunjukkan generasi milenial dan Generasi Z menjadi kelompok pemilih dengan proporsi terbesar di Pemilu 2024," ujar Tresia.

Tresia menuturkan, di sisi lain, hoaks atau berita bohong menjadi ancaman bagi Gen Z lantaran di usia masih muda tingkat kelabilan mereka tinggi.

Hoaks, tutur Tresia, dapat menyebabkan kelompok muda itu apatis atau dimanfaatkan oleh segelintir kelompok demi kepentingan politik.

"Sayangnya Gen Z mudah dipengaruhi oleh kepentingan politik  dan kelompok tertentu. Itu terjadi karena kurang pemahaman tentang politik. Bahkan bisa menyebabkan Gen Z apatis," tutur dia.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut