get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cimahi Pastikan Stok Air Bersih Aman saat Musim Kemarau

DBD di Kota Cimahi Terus Meningkat, Lampaui Jumlah Kasus di Tahun Lalu

Selasa, 28 Mei 2024 | 10:40 WIB
header img
Kasus DBD. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

CIMAHI, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi meminta masyarakat tetap waspada terhadap Demam Berdarah Dangue (DBD). Pasalnya, saat ini jumlah kasus DBS sudah mencapai 440 yang terdata hingga pekan kedua April ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini mengatakan, jumlah tersebut sudah melebihi kasus DBD yang terdata sepanjang tahun 2023.

"Sampai April minggu ke-2 ada 440 kasus DBD. Jumlahnya naik dua kali lipat bahkan sudah melebihi jumlah sepanjang tahun 2023 yang mencapai 363 kasus," ucap Dwihadi, dikutip Selasa (28/5/2024).

Dwihadi mengatakan, ada sejumlah faktor yang membuat kasus DBD di Kota Cimahi begitu tinggi tahun ini. Di antaranya faktor perubahan iklim yang dipandang membebani pelayanan dan sistem kesehatan karena membuat kasus Demam Berdarah semakin naik.

Selain itu, faktor cuaca ditengarai juga menjadi pemicunya. Cuaca yang terkadang turun hujan kerap menimbulkan genangan yang menjadi tempat favorit tumbuhnya jentik nyamuk aedes aegypti, yang merupakan nyamuk penyebar DBD.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut