get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Jabar Segera Luncurkan Peta Kerawanan pada Tahapan Pilkada 2024

Perempuan Hebat dalam Pusaran Pilwalkot Bandung 2024, Salah Satunya Yena Ma'soem

Senin, 03 Juni 2024 | 13:37 WIB
header img
Yena Iskandar Ma'soem atau Yena Ma'soem digadang-gadang punya kans kuat untuk maju di Pilwakot Bandung 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

Memasuki Pilkada Kota Bandung 2024 pun nama-nama mulai bermunculan dari kalangan perempuan. Sebut saja, Siti Muntamah atau yang akrab disapa Ummi Oded, Atalia Praratya Kamil, Nurul Arifin, hingga Yena Iskandar Ma'soem.

Pengamat politik dan Director Centre for Political Analysis Strategic Indonesia Nana Rukmana mengatakan, Tatar Sunda tidak akan lepas dari kultur memuliakan perempuan.

"Makam Cut Nyak Dien di Sumedang sangat terpelihara karena beliau selain pahlawan juga sebagai tokoh perempuan pergerakan melawan kolonialisme yang sangat dihormati di Aceh. Sedangkan di Kota Bandung ada pula Sekolah Kautamaan Istri yang merupakan warisan dari Raden Dewi Sartika," kata Nana Rukmana, Senin (3/6/2024).

Nana menilai, di Pilkada Kota Bandung, tak menjadi masalah jika nanti Kota Bandung dipimpin perempuan. Beberapa kandidat perempuan pun memiliki kualitas mumpuni.

"Kita lihat bagaimana Ummi Oded sering terjun ke masyarakat, lalu Atalia yang kuat dengan Jabar Bergeraknya, Nurul Arifin dengan anak mudanya. Lalu sekarang ada lagi calon perempuan, yaitu, Yena Iskandar Ma'soem yang merupakan pegiat dunia kesehatan sekaligus entepreneur sukses," ujar Nana.

Figur Alternatif

Koordinator Lingkar Studi Ilmu Politik (LSIP) Amir Sudrajat mengatakan, munculnya nama Yena Iskandar Ma'soem menjadi menarik lantaran dia bisa menjadi figur alternatif dibandingkan dengan nama-nama yang sebelumnya.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut