get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Bandung Targetkan Indeks Kematangan SPBE Naik 4,5

Alami Peningkatan, Kemenkominfo Harap Daerah Lain Biru Tiru Kota Bandung Dalam Penerapan Smart City

Senin, 24 Juni 2024 | 23:00 WIB
header img
Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono. Foto: Humas Pemkot Bandung.

Pada dimensi Smart Society, tersebarnya akses sarana pelatihan, komunitas, dan kolaborasi stakeholder dalam upaya penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Terakhir, pada dimensi Smart Environment, Pemkot Bandung melakukan percepatan pengelolaan sampah dan lingkungan melalui pengelolaan sampah mandiri serta peningkatan tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST).

Bambang menyebut tindak lanjut smart city tahun 2024, Pemkot Bandung fokus pada empat hal yakni pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), regulasi, infrastruktur dan integrasi aplikasi.

"Untuk yang paling berat merubah mindset, kalau kita sandingkan merubah mindset, penguatan regulasi menjadi kata kunci, konsep besar tata kelola, dan penguatan SDM dalam penguatan teknologi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, kolaborasi pentahelix penting dalam pelaksanaan smart city di Kota Bandung. Salah satunya, melalui Forum Smart City, Ngulik, Badami dan Bandung connecticity.

"Setiap tiga bulan kami mengadakan Forum Smart City, di akhir tahun ada Bandung connecticity. Semua pentahelix hadir untuk mengevaluasi dan membuat ide gagasan berikutnya," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut