get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Serentak 2024, Pengamat Politik Unpad: Parpol Harus Kampanye Sehat dan Dewasa

Cegah Hoaks di Pilkada Serentak 2024, KPID Riau Gencarkan Literasi Media ke  Mahasiswa 

Selasa, 25 Juni 2024 | 06:19 WIB
header img
Hoaks sangat berbahaya, dapat memicu konflik dan memecah belah masyarakat. (FOTO: ISTIMEWA)

PEKANBARU, iNewsBandungRaya.id - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau gencar menggelar sosialisasi dan literasi media ke kalangan mahasiswa. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menangkan hoaks saat pilkada berlangsung.

Kegiatan sosialisasi itu berlangsung di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau dengan tema "Cerdas Bermedia di Tahun Politik Dalam Rangka Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi Riau."

Sekretaris Dinas Kominfotik Riau Devi Rizaldi mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Riau membuka acara tersebut. Hadir di acara itu, Wakil Rektor III Unilak Dr Hardi  dan Wakil Ketua KPID Riau Mario Abdillah Khoir.

Tiga narasumber utama Rektor Unilak sekaligus Ketua Dewan Pendidikan Riau Prof Dr Junaidi, Ketua Mapilu PWI Riau Muhammad Amin, dan Komisioner KPID Riau Bambang Suwarno.

Dalam materinya, Prof Dr Junaidi memaparkan pentingnya peran perguruan tinggi dalam membentuk generasi muda bijak bermedia dan mampu memerangi hoaks menjelang dan saat pilkada berlangsung.

Sementara itu, Muhammad Amin menggarisbawahi peran pers dalam mendidik publik agar lebih kritis terhadap informasi yang diterima. Sedangkan Bambang Suwarno membahas literasi media dan fungsi kelembagaan KPID Riau.

Acara ini dihadiri oleh seratus mahasiswa dari berbagai universitas di Riau, termasuk Universitas Lancang Kuning, Universitas Hang Tuah, dan Universitas Riau. 

Sekretaris Dinas Kominfotik Riau Devi Rizaldi mengapresiasi inisiatif KPID Riau dan menekankan pentingnya literasi media dalam menghadapi tantangan informasi di era digital.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut