get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, Teh Metty: Calon dari Golkar-Koalisi Sugih Mukti Jadi Harapan Baru Masyarakat Cianjur

Lokatmala Persembahkan Pertunjukan Musikal 'Dari Pancaniti ke Ceurik Oma' sebagai Kado HUT Cianjur 

Sabtu, 29 Juni 2024 | 12:53 WIB
header img
Lokatmala Foundation mempersembahkan pertunjukan musikal 'Dari Pancaniti ke Ceurik Oma' sebagai kado HUT Cianjur. (FOTO: ISTIMEWA)

“Tiga plar budaya itu merepresentasikan ekspresi kultural masyarakat Cianjur yang lekat dengan nilai-nilai religiusitas, mengasah keindahan dan keterampilan dalam kehidupan, sehingga mampu memantik ketangguhan rakyat lahir dan batin,” kata Wina dosen tetap Transformasi Budaya Sunda Prodi Pendikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur itu, kepada wartawan di Cianjur, Sabtu (29/6/2024).

Wina menyatakan, acara yang tersebut merupakan pengejawantahan dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Cianjur Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penerapan Tiga Pilar Budaya Cianjur. 
 
“Pertunjukan musikal yang akan kami selenggarakan ini diharapkan menjadi sebuah pengayaan dan adaptasi budaya seiring konteks ruang dan waktu. Menciptakan kreasi serta inovasi baru dan kekinian dengan tetap berbasis pada akar dan tradisi sehingga mudah diterima generasi saat ini,” ujar Wina. 
 
Siapa Pancaniti?
 
Wina, seniman lulusan pascasarjana program penciptaan dan pengakajian seni Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung ini menuturkan, yang dimaksud Pancaniti dalam pertunjukannya adalah Dalem Pancaniti atau RAA Kusumahningrat. 

“Beliau adalah Bupati Cianjur ke-10 yang berkuasa dari 1834 sampai 1862 dan dianggap sebagai orang yang sangat berjasa dalam mengembangkan seni Tembang Sunda Cianjuran. Dalem Pancaniti selain dikenal sebagai Orang Sunda pertama yang membuat kamus dwi-bahasa Melayu-Sunda,” kata Wina yang juga anggota Tenaga Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Cianjur tersebut.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut