get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, Teh Metty: Calon dari Golkar-Koalisi Sugih Mukti Jadi Harapan Baru Masyarakat Cianjur

Lokatmala Persembahkan Pertunjukan Musikal 'Dari Pancaniti ke Ceurik Oma' sebagai Kado HUT Cianjur 

Sabtu, 29 Juni 2024 | 12:53 WIB
header img
Lokatmala Foundation mempersembahkan pertunjukan musikal 'Dari Pancaniti ke Ceurik Oma' sebagai kado HUT Cianjur. (FOTO: ISTIMEWA)

Senentara Oma adalah Nyi Rd Oma. Menurut buku "Penyanyi Istana Suara Hati Penyanti Kebanggaan Bung Karno" oleh Nani Nurani Affandi, paras Ny Rd Oma ini sangat canti jelita sehingga mengundang putra Bupati Garut saat itu untuk mempersuntingnya. Namun Sang Bupati tidak dapat menyetuju keinginan putranya karena Eyang Oma dianggap bukan ningrat besar.

“Namun karena putra Bupati itu memaksa, maka pernikahan pun terjadi. Selesai akad, Oma langsung diboyong ke Garut. Hanya dua minggu setelah pernikahan, putra Bupati ini diajak berdinas ke Bandung oleh keluarganya. Prahara itu pun terjadi,  Oma dipulangkan ke Cianjur,” tutur Wina.
 
Dari situlah, kata Wina, muncul lagu Ceurik Oma (Tangis Oma) yang mengisahkan bagaimana Oma menangis sambil melipat pakaian, bergegas pulang kembali ke daerah asalnya di Cianjur. 

“Namun takdir orang siapa tahu, justru  setelah berada di Cianjur, perempuan cantik ini ditaksir seorang Jaksa yang kemudian menjadi Bupati Serang. Sementara putra Bupati Garut itu tidak pernah menjadi bupati. Bahkan justru sempat menjadi bawahan suami Oma,” ucapperempuan yang pernah mengikuti Jakarta-Berlin Art Festival 2013 itu. 

“Sebagai penghormatan pada Oma, lagu yang tadinya berjudul Ceurik Oma kemudian diganti menjadi Jemplang Serang dan masuk dalam Papantunan,” ujar Wina.
 
Lokatmala Foundation atau Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia di Cianjur dikenal sebagai organisasi yang bergerak dibidang kebudayaan, seni pertunjukan, kemanusiaan, pendidikan dan pendampingan pembangunan sosial budaya. 

Bahkan, Lokatmala menjadi yang terdepan dalam gerakan pemajuan kebudayaan di daerah dengan memfokuskan pada pelestarian dan pemajuan kebudayaan di wilayah terpencil dan termarjinalkani terutama di kampung dan desa adat.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut