get app
inews
Aa Read Next : DPRD Jabar Resmi Bentuk 9 Fraksi, PSI Gabung ke Golkar

Komisi II Dorong Pemulihan dan Pemanfaatan Lahan Hutan Kritis

Rabu, 17 Juli 2024 | 21:17 WIB
header img
Anggota Komisi II DPRD Jabar, Tia Fitriani. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Komisi II DPRD Jawa Barat mendorong dinas-dinas yang berkaitan agar senantiasa memperhatikan hutan yang lahannya kritis untuk segera diperbaiki. 

Sebab Komisi II melalui anggota di wilayah daerah pemilihannya masing-masing akan terus mengawal dan mengawasi keberadaan lahan hutan yang kritis tersebut. 

Peran serta dan keterlibatan semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga kelestarian hutan dan bukan hanya memanfaatkannya saja tanpa memperdulikan konservasi dan pemulihan hutan. 

Anggota Komisi II DPRD  Jabar Tia Fitriani menyebutkan, program-program dari kementerian kehutanan dan dinas perhutanan di Jabar yang salah satunya upaya mitigasi bencana melalui program penyediaan bibit tanaman untuk dilakukan reboisasi di semua lahan kritis hutan di Jawa Barat harus didukung sepenuhnya. 

Selain itu, pembibitan tersebut dimaksudkan agar penerima manfaatnya tepat sasaran dimana saja lokasi yang memang benar-benar membutuhkan bantuan pembibitan yang diperuntukan serapan air di kawasan lahan kritis tersebut.

“Masalah lahan kritis ini diibaratkan bola salju yang terus membesar, jika kita memang tidak peduli dengan kondisi lahan kritis saat ini, apalagi di daerah yang kondisi tanahnya labil. Kan masyarakat juga yang terkena dampaknya,” ujar Tia seusai mengikuti rapat di UPTD Sertifikasi Perbenihan Tanaman Hutan, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (17/7/2024).

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut